Merayakan Tahun Ayam Api 2017

Warga Tionghoa melaksanakan sembahyang di Vihara kawasan Petak Sembilan, Glodok, Jakarta, (28/1). Tirto.id/Andrey Gromico
Warga Tionghoa saat akan melaksanakan sembahyang di Vihara kawasan Petak Sembilan, Glodok, Jakarta, (28/1). Tirto.id/Andrey Gromico
Warga Tionghoa saat akan melaksanakan sembahyang di Vihara kawasan Petak Sembilan, Glodok, Jakarta, (28/1). Tirto.id/Andrey Gromico
Seorang penganut Konghucu menyalakan lilin saat bersembahyang di Vihara Tri Dharma Bumi Raya, Singkawang, Kalimantan Barat, Jumat (27/1) malam. ANTARA FOTO/Jessica Helena Wuysang.
Warga menyaksikan pesta kembang api saat perayaan malam Tahun Baru Imlek di kawasan Pasar Gede, Solo, Jawa Tengah, Sabtu (28/1) dini hari. ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha.
Sejumlah umat bersembahyang saat ritual tolak bala Imlek 2568 di Kelenteng Dharmayana Kuta, Bali, Jumat (27/1). ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana.
Warga Tionghoa berdoa menjelang perayaan Tahun Baru Imlek 2568 di Klenteng Xian Ma, Makassar, Sulawesi Selatan, Jumat (27/1). Selain sebagai rasa syukur atas apa yang telah didapatkan doa juga dipanjatkan agar diberi rezeki, kesehatan, dan ketenteraman pada Tahun Ayam Api. ANTARA FOTO/Dewi Fajriani.
Warga menyalakan lilin di Klenteng Welas Asih, Cirebon, Jabar, Sabtu (28/1). Warga Tionghoa menyalakan lilin tersebut saat perayaan tahun baru Imlek sebagai bentuk syukur dan harapan mendapat kehidupan yang lebih baik. ANTARA FOTO/Dedhez Anggara
Sejumlah warga mengunjungi lokasi perayaan Pasar Imlek Semawis di kawasan Pecinan, Semarang, Jawa Tengah, Selasa (24/1). ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra.
Warga keturunan Tionghoa membakar dupa saat melaksanakan sembahyang malam Imlek di kelenteng See Hin Kiong, Padang, Sumatera Barat, Sabtu (28/1) dini hari. ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra.
Sejumlah pemain barongsai beratraksi di Klenteng An Tjeng Bio, Indramayu, Jawa Barat, Jumat (27/1). Pertunjukan barongsai tersebut digelar dalam rangka menyambut malam tahun baru Imlek 2568. ANTARA FOTO/Dedhez Anggara.
Semarak perayaan Imlek dirayakan hampir diseluruh kota di Indonesia yang notabenenya bermukim orang Tionghoa.
29 Januari 2017
Perayaan Imlek 2017 (2568 Imlek) merupakan tahun ayam api. Dalam kalender Lunar, Tahun Ayam Api 2568 akan dimulai pada tanggal 28 Januari 2017. Semarak perayaan Imlek dirayakan hampir diseluruh kota di Indonesia yang notabenenya bermukim orang Tionghoa. Dirumah orang-orang Tionghoa, dijalan-jalan, hingga di Vihara-Vihara meriah dengan lampion merah khas Tionghoa dan lilin-lilin merah berukuran besar.

Pernak-pernik Imlek dari kue keranjang, miniatur patung gantungan kunci bertemakan khas Imlek, lampion merah menyala, hingga lilin merah berukuran besar menjadi pemandangan lumrah dalam beberapa hari terakhir. Festival Imlekpun digelar disejumlah kota di Indonesia, menjadi bagian penting dari hari istimewa orang-orang Tionghoa. Di Tiongkok, Imlek juga dikenal sebagai festival musim semi, sebuah ritual pesta tradisional terpenting yang tak akan dilewatkan.

Tradisi Imlek dirayakan tak hanya dengan sembahyang di Vihara, namun menurut warga Tiongkok juga tradisi berkumpul keluarga yang tak boleh dilewatkan. Kepercayaan tentang memulai sesuatu entah itu bisnis, bercocok tanam, atau agenda lain dalam kehidupan juga menjadi momen yang tepat bagi warga Tionghua. Momen Imlek juga sebagai momen perayaan atas kerja keras yang telah dilakukan setahun yang lalu.

Visual perayaan dan momen Imlek diseluruh penjuru Indonesia menjadi menarik untuk didokumentasikan. Menjadi dokumentasi citra visual pada momen berharga warga Tionghua di Indonesia. Perayaan Imlek 2568 adalah bagian doa-doa pengharapan menuju kehidupan yang lebih baik bagi para Tionghoa.

FOTO: Tirto.id/Andrey Gromico dan ANTARA FOTO
Editor: Arimacs Wilander
DarkLight