Menyebarang Batas Negara Gara-Gara Pokemon Go

Oleh: Abdul Aziz - 24 Juli 2016
Dua remaja yang sedang asik bermain game Pokemon Go dilaporkan menyeberangi perbatasan Kanada dan AS secara ilegal di bagian daerah terpencil Montana, Amerika Serikat.
tirto.id - Petugas Patroli dan Perbatasan Amerika Serikat (AS) melaporkan dua remaja yang menyeberangi perbatasan Kanada dan AS secara ilegal di bagian daerah terpencil Montana. Dua remaja tersebut tidak menyadari keadaan di sekeliling mereka saat bermain game Pokemon Go.

"Dua-duanya sangat terpukau oleh game Pokemon GO sehingga mereka kehilangan jejak keberadaan mereka," kata juru bicara petugas patroli, Michael Rappold, seperti dikutip Antara dari kantor berita Reuters.

Petugas Patroli Perbatasan AS mendapati kedua remaja yang identitasnya tak disebutkan itu pandangannya terpaku pada telepon genggam dalam perjalanan memburu karakter kartun Pokemon yang membawa mereka melewati perbatasan.

Keduanya dipertemukan kembali dengan ibu mereka di pos patroli dekat perbatasan menurut petugas patroli.

Permainan itu mendapatkan kesuksesan tak terduga mulai dari Spanyol hingga Australia, membuat nilai saham Nintendo meningkat dua kali lipat sejak peluncuran game di Amerika Serikat awal bulan ini.

Pemain menggunakan aplikasi di gawai mereka untuk mencari karakter Pokemon virtual yang muncul di tempat-tempat seperti kantor, restoran dan museum.

Pemain mendapat nilai dengan berbagai cara, termasuk menangkap karakter Pokemon dengan menjentikkan jari mereka di layar gawai.

Game tersebut telah disalahkan sebagai penyebab sejumlah kecelakaan dan kemalangan karena membuat pemainnya terlalu fokus pada permainan sehingga tidak menyadari keadaan lingkungan sekitarnya.

Baca juga artikel terkait SOSIAL BUDAYA atau tulisan menarik lainnya Abdul Aziz
(tirto.id - Sosial Budaya)

Sumber: Antara
Penulis: Abdul Aziz
Editor: Abdul Aziz
DarkLight