Menlu Rodriguez: Indonesia Negara Penting Bagi Venezuela

Penulis: Abdul Aziz - 5 Mei 2016 11:25 WIB
Menlu Venezuela Delcy Rodriguez mengatakan, Indonesia merupakan negara penting bagi Venezuela, terutama sejak kepemimpinan mendiang Hogu Chavez.
tirto.id -
Menteri Luar Negeri (Menlu) Venezuela Delcy Rodriguez mengatakan, Indonesia merupakan negara penting bagi Venezuela, terutama sejak kepemimpinan mendiang Hogu Chavez dan dilanjutkan oleh Presiden Nicolas Maduro. Ia berharap kerja sama kedua negara dapat ditingkatkan.

Hal tersebut disampaikan menteri pada saat menerima surat kepercayaan Duta Besar Indonesia untuk Venezuela, M. Luthfi, di Caracas, Rabu (4/5/2016) seperti pernyataan pers dari Kedutaan Besar Republik Indonesia di Carasas yang diterima di Jakarta, Kamis (5/5/2016).

Rodriguez, mengharapkan kerja sama antara negaranya dan Indonesia, yang telah terjalin dapat dipererat dan dikembangkan untuk bidang lainnya. Apalagi, kata dia, Indonesia merupakan negara penting bagi Venezuela, terutama sejak mendiang Hugo Chavez menjadi presiden.


Menurut Rodriguez, Venezuela dan Indonesia telah membangun kerja sama di beberapa bidang dan forum, terutama Gerakan Non Blok (GNB) dan Kerja Sama Selatan Selatan.

Menlu Venezuela tersebut menyambut baik rencana kunjungan Delegasi Indonesia di sela-sela Konferensi Tingkat Tinggi GNB ke 17 yang akan diselenggarakan di Venezuela.

Selain itu, tahun ini Venezuela juga akan menjadi tuan rumah Sidang Komisi Bersama (SKB) Indonesia-Venezuela ke-4. SKB sebelumnya diselenggarakan di Bali, Indonesia pada 11 Juni 2013.

SKB ke 3 menghasilkan perjanjian bebas visa bagi pemegang paspor diplomatik/ dinas dan satu nota kesepahaman mengenai pendidikan dan pelatihan diplomat kedua Kementerian Luar Negeri.

Sementara itu, dalam sambutan pada upacara penyerahan Surat Kepercayaan, Duta Besar Luthfi menyatakan Indonesia mendukung penyelenggaraan KTT GNB ke 17 dan berharap hubungan bilateral ke dua negara dapat ditingkatkan di berbagai bidang. (ANT)

Baca juga artikel terkait KERJA SAMA atau tulisan menarik lainnya Abdul Aziz
(tirto.id - Politik)

Sumber: Antara
Penulis: Abdul Aziz
Editor: Abdul Aziz

DarkLight