Mengenal Samsung Pay: Fitur dan Cara Menggunakannya

Oleh: Yonada Nancy - 26 Maret 2020
Dibaca Normal 1 menit
Samsung Pay bukan aplikasi uang elektronik, melainkan peringkas dari aplikasi-aplikasi pembayaran.
tirto.id - Samsung Pay adalah aplikasi dompet virtual yang resmi dirilis di Indonesia pada Oktober 2019 lalu. Samsung Pay bukan aplikasi uang elektronik macam LinkAja, GoPay, Dana, termasuk OVO, melainkan peringkas dari aplikasi-aplikasi pembayaran itu.

"Samsung Pay menggabungkan beberapa pembayaran elektronik dalam satu aplikasi agar konsumen semakin mudah saat melakukan transaksi keseharian mereka hanya dengan mengusap layar smartphone ke atas lalu membayar,” kata IT and Mobile Business Vice President, Samsung Electronics Indonesia, Bernard Ang seperti yang dikutip dari siaran pers perusahaan, Kamis (26/3/2020).

Berbeda dengan Samsung Pay di luar negeri yang bekerja sama dengan bank penyedia jasa pembayaran kartu debit dan kredit, Samsung Pay di Indonesia bermitra dengan perusahaan penyedia jasa e-money seperti Dana dan GoPay.

Praktis dan Tawarkan Banyak Kelebihan

Kelebihan Samsung Pay memungkinkan penggunanya untuk melakukan pembayaran digital dengan praktis dan cepat sesuai dengan akun pembayaran yang diinginkan. Selain itu, pengguna juga dapat melakukan live transaction yakni dengan menggunakan teknologi QR.

Pengguna hanya perlu melakukan swipe up ketika ingin melakukan transaksi. Perintah ini bahkan dapat dilakukan meskipun layar ponsel dalam keadaan terkunci.

Selanjutnya, Samsung Pay secara otomatis akan mengarahkan pengguna untuk memilih akun e-money yang ingin digunakan untuk membayar. Pengguna tidak perlu khawatir untuk masalah keamanan, karena aplikasi ini dilengkapi dengan fitur keamanan berupa PIN dan sidik jari.

Selain itu, bagi pengguna yang mendaftar Samsung Pay akan mendapat penawaran-penawaran menarik pembayaran dari mitra Samsung Pay, seperti cashback, diskon, dan voucher.

Merchant yang digandeng oleh aplikasi ini pun beragam, seperti KFC, MC Donald's, Pepper Lunch, Pizza Hut, Gulu Gulu, Hoka Hoka Bento, KOI, Sushi Hero, Kafe Betawi, dan Zenbu.

Download Samsung Pay

Samsung Pay dapat digunakan oleh seluruh perangkat Samsung yang memiliki sestem operasi Android Pie atau Android 9.0. Aplikasi ini dapat diunduh di Play Store atau Galaxy Store. Pastikan pula pengguna sudah memiliki akun Samsung yang aktif.

Dikutip dari laman Samsung, berikut cara mengunduh Samsung Pay:

  1. Unduh aplikasi Samsung Pay di Playstore atau Galaxy Store
  2. Buka aplikasi Samsung Pay yang sudah diinstal, lalu ketuk Get Started (Mulai)
  3. Masukkan PIN baru untuk Samsung Pay, lalu masukkan lagi untuk mengonfirmasi
  4. Jika ini pertama kalinya menggunakan Samsung Pay, pengguna akan diminta untuk menambahkan metode pembayaran
  5. Untuk menambahkan lapisan keamanan, pengguna dapat mengaktifkan keamanan biometrik, seperti verifikasi sidik jari atau pemindaian iris

Saat ini aplikasi Samsung Pay sudah terdapat pada seri Samsung Galaxy A terbaru dan seri Galaxy Note 10 termasuk seri Galaxy S terkini.


Baca juga artikel terkait SAMSUNG PAY atau tulisan menarik lainnya Yonada Nancy
(tirto.id - Teknologi)

Kontributor: Yonada Nancy
Penulis: Yonada Nancy
Editor: Ibnu Azis
DarkLight