tirto.id - Setiap tanggal 4 September, Indonesia merayakan sebagai Hari Pelanggan Nasional. Handi Irawan menjadi pencetus hadirnya Hari Pelanggan Nasional. Ide itu ia sampaikan pada tahun 2003.
"Selamat Hari Pelanggan Nasional 4 September 2019. Mari bersama-sama kita melakukan revolusi kualitas pelayanan untuk kepuasan pelanggan. Selalu bekerja dan melayani dengan hati," kata Handi Irawan.
Handi tak hanya dikenal sebagai pendcetus Hari Pelanggan nasional, ia juga dikenal sebagai CEO Frontier Group, sebuah perusahaan riset dan konsultasi marketing yang dirintisnya sejak tahun 1997.
Dikutip dari LinkedInk, Handi Irawan pernah menempuh studi di Institut Pertanian Bogor (IPB) dengan jurusan Food Technology tahun 1983.
Ia lulus dari IPB tahun 1987. Lulus dari IPB, ia melanjutkan studi ke University of New South Wales tahun 1991. Handi mengambil jurusan marketing dan berhasil lulus pada 1992.
Tak berhenti di situ, Handi juga pernah mengikuti Harvard Executive Program tahun 2006. Program tersebut terkait dengan marketing.
Ia sempat menjadi pengajar di University of Wollongong, Australia selama dua tahun atau dari 1992 - 1994.
Handi juga pernah menjadi dosen di Universitas Indonesia selama 10 tahun yaitu mulai 1997 - 2007. ia menjadi dosen untuk mahasiswa pascasarjana dengan mata kuliah brand management, marketing research dan service quality.
Ia juga dikenal sebagai content & knowledge based speaker terbaik di Indonesia serta pemrakarsa dari berbagai penghargaan popular di Indonesia seperti; Top Brand Award, IMAC (Indonesia’s Most Admired Companies).
Selanjutnya ada juga ICSA (Indonesian Customer Satisfaction Award), dan Marketing Award. Selain itu ia juga dikenal sebagai penulis buku-buku strategi pemasaran yang sangat popular.
Baginya, Hari Pelanggan Nasional, bukan milik Frontier, perusahaan swasta ataupun BUMN, melainkan milik nasional. Hadirnya Hari Pelanggan Nasional menjadi momen yang tepat untuk memompa semangat perusahaan dalam memuaskan pelanggan.
Setiap perusahaan diharapkan dapat belajar tentang esensi dari HarPelNas, yang merupakan cetusan dari sebuah pemikiran dan pengalaman bertahun-tahun memahami tingkah laku berbagai perusahaan di Indonesia.
Hari Pelanggan Nasional memiliki logo atau maskot khusus. Logo yang digunakan adalah logo yang melambangakan senyum manusia dengan dasar warna hijau.
Logo yang dikarang oleh salah satu The Best Ad Designer di Indonesia ini mewakili sebuah senyuman manusia yang tulus, yang menandakan sebuah kepuasan.
Pemilihan warna hijau menggambarkan kesejukan, rasa bersahabat dan keramahan, sedangkan pemilihan tipologi huruf kecil melambangkan sifat kerendahan hati dan keinginan untuk selalu berkembang.
Rayakan Hari Pelanggan dengan Promo
Menyambut Hari Pelanggan Nasional 2019, sejumlah perusahaan mengahdirkan promo menarik bagi para pelanggan.
Pizza Hut misalnya menggelar promo khusus untuk Hari Pelanggan yaitu BELI 1 GRATIS 1. Untuk setiap pembelian Pizza Regular/Large dengan topping dan pinggiran apa saja GRATIS 1 Pan Regular Tuna Melt/Deluxe Cheese Pizza.
McDonald's juga menghadirkan promo Limited Edition Big Mac Tin dengan menambah Rp3.636 (sebelum pajak) untuk setiap pembelian Big Mac McFlavor Set, dalam menyambut Hari Pelanggan Nasional.
Telkomsel juga memberikan promo paket data 4GB seharga Rp10 untuk jaringan 4G. Promo ini hanya berlaku 1 hari, untuk periode 3-5 September 2019.
Editor: Agung DH