Mengenal Bixby Virtual, Asisten di Perangkat Samsung

Oleh: Adrian Samudro - 9 Oktober 2019
Dibaca Normal 1 menit
Fitur Bixby Virtual, Asisten di perangkat Samsung yang bisa membantu dalam urusan keseharian penggunanya.
tirto.id - Bagi Anda pengguna perangkat Samsung versi terbaru tentu tidak asing dengan virtual asisten yang disematkan di dalamnya yakni Bixby.

Bixby merupakan asisten pintar dengan kecanggihan artificial intelligence layaknya Apple Siri, Amazon Alexa dan Google Assistant.

Di sisi lain, Bixby disebut masih ketinggalan dalam sejumlah fitur dibandingkan asisten pintar lainnya. Misalnya, Bixby belum bisa terintegrasi dengan beberapa perangkat lainnya.

Meski begitu, fitur yang ditawarkan oleh virtual asisten milik Samsung ini terbilang sudah cukup untuk sekedar membantu dalam urusan keseharian penggunanya.

Para pengguna bisa memanfaatkan Bixby sebagai pengingat yang ditulis lewat teks. Selain itu, dengan fitur Bixby Home, penggunanya juga dapat mencari informasi seputar cuaca, jadwal pertemuan, artikel berita dan lainnya.

Bixby juga dapat memberikan informasi sejumlah barang dalam foto yang diambil melalui kamera perangkat yang terintegrasi dengan fitur Bixby Vision.

Layaknya asisten sungguhan, Bixby juga memiliki fitur yang dapat memberikan saran mengenai rutinitas apa yang dapat dilakukan oleh penggunanya.

Tak hanya itu, pengguna juga bisa memanfaatkan fitur Bixby Voice untuk lebih memudahkan akses yang ada di perangkat Samsung miliknya.

Meski sudah menawarkan sejumlah fiturnya, virtual asisten ini masih tergolong sedikit peminat dan barangkali Anda salah satunya.

Mungkin banyak yang merasa fitur ini belum terlalu dibutuhkan atau bahkan memilih untuk menggunakan virtual asisten yang sudah memiliki fitur lebih lengkap.

Berikut Tirto merangkum cara untuk menonaktifkan sementara fitur Bixby pada perangkat Samsung baik smartphone ataupun smart TV.

Bagi Anda pengguna smartphone flagship terbaru dari Samsung seperti Galaxy S8 dan seterusnya, smartphone ini telah menyertakan tombol Bixby khusus disamping body perangkat.

Tapi, tombol itu hanya berfungsi untuk penggunanaan bukan menonaktifkannta. Yang perlu Anda lakukan adalah cukup dengan menggeser layar beranda ke hub Bixby Home dan pilih "Bixby Key" untuk menonaktifkan sesuai kebutuhan Anda.

Anda juga bisa mengakses menu Pengaturan> Fitur Lanjutan> Tombol Bixby untuk melakukan hal yang serupa, sebagaimana dilansir Digital Trends.

Sementara itu, bagi pengguna smart TV Samsung, Anda bisa menggunakan remot fisik untuk mengakses fitur hold-to-speak yang bertujuan agar Bixby tidak mendengarkan perintah apapun sampai Anda memanggilnya.

Disisi lain, Anda juga bisa mengganti Bixby dengan virtual assistan lainnya seperti Alexa atau Google Assisten.

Cukup dengan menginstal di perangkat smartphone Samsung yang sudah menggunakan sistem operasi Android Pie.

Jika sudah, ubah pengaturan default virtual asisten ini dengan cara membuka menu Pengaturan> Aplikasi> Defaulf> Assist dan voice input> Assist app, demikian ditulis Tech Radar.





Baca juga artikel terkait SAMSUNG atau tulisan menarik lainnya Adrian Samudro
(tirto.id - Teknologi)

Kontributor: Adrian Samudro
Penulis: Adrian Samudro
Editor: Yandri Daniel Damaledo
DarkLight