Mendag Optimistis Bisa Stabilkan Harga Pangan Jelang Lebaran 2019

Oleh: Selfie Miftahul Jannah - 27 Mei 2019
Dibaca Normal 1 menit
Mendag memprediksi harga dan stok sembako aman menjelang Hari Raya Idulfitri 2019 dan berharap akan terjadi deflasi.
tirto.id - Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita menjelaskan, pihaknya optimistis bisa menstabilkan harga pangan dan mengamankan stok sembako Jelang Hari Raya Idulfitri.

Bahkan Enggar menjelaskan, saking stabilnya bahan pokok, di Lebaran 2019 Enggar memprediksi akan terjadi deflasi.

"Saya bisa sampaikan bahwa sampai dengan saat ini syukur Alhamdulillah bahan pokok tersedia terkendali dan ada kemungkinan pada bulan ini tidak ada kenaikan inflasi di bahan pokok makanan, diharapkan ada deflasi. Menunjukkan bahwa semua harga terkendali," jelas dia usai melepas 34 Perwakilan Satgas Pangan Jelang Lebaran di Kementerian Perdagangan, Jakarta, Senin (27/5/2019).

Kepastian tersebut dikatakan Enggar setelah dalam tiga tahun ia mengklaim berhasil menstabilkan harga bahan pokok jelang Lebaran dan hari besar lainnya.

Strategi yang dilakukan yaitu, tim pengamanan stok dan harga sembako mulai diterjunkan hari ini di 34 Provinsi seluruh Indonesia.

Perwakilan tersebut bakal jadi Ketua Satgas Kemendag yang ditempatkan di seluruh provinsi untuk mengawal harga dan ketersediaan bahan pangan menjelang Hari Raya Idulfitri.

"Semua itu karena kita kerja sama, para pedagang yang mampu mengendalikan dirinya tidak manfaatkan momentum Lebaran 2019 ambil keuntungan yang berlebihan," ujar dia.

Enggar mengklaim, timnya dalam tiga tahun terakhir berhasil mengendalikan harga pangan jelang Hari Raya Idulfitri dan beberapa Perayaan hari besar lainnya.

Strategi yang dilakukan timnya, lanjut dia, yaitu langsung memantau kondisi di lapangan menjadi cara jitu untuk menstabilkan harga pokok dan menjaga ketersediaan pasokan di pasar eceran.

"Tahun pertama sudah jalan 2017 kemudian berlanjut ke 2018 kita lakukan hal serupa dan dilakukan lagi di tahun 2019 semua laporan pantauan yang terefleksi dari hasil Pusat Informasi Harga Pangan Strategis Nasional sama dengan laporan yang diberikan Korwil alhamdulilah bahan pokok tersedia dan terkendali," tukasnya.


Baca juga artikel terkait JELANG LEBARAN atau tulisan menarik lainnya Selfie Miftahul Jannah
(tirto.id - Ekonomi)

Reporter: Selfie Miftahul Jannah
Penulis: Selfie Miftahul Jannah
Editor: Dewi Adhitya S. Koesno
DarkLight