Advertorial

Memahami Kandungan Sarang Walet & Buah Kurma pada Ever Glow

Penulis: Advertorial - 22 Apr 2020 19:10 WIB
Dibaca Normal 2 menit
Saat ini, Indonesia adalah pengekspor sarang burung walet terbesar di dunia.
tirto.id - Bayangkan, pada bulan puasa, apa jadinya jika sarang walet, pesona kuliner dunia Timur nan legendaris, berpadu dengan kurma, buah paling masyhur dari kawasan Timur Tengah?

“Sarang burung walet, salah satu produk hewani paling mahal yang dikonsumsi manusia, adalah bahan yang juga digunakan dalam pengobatan tradisional Cina dan pengobatan tradisional Vietnam,” tulis Christopher W. Runckel di situs Business in Asia.

Mantan diplomat senior AS untuk negara-negara Asia itu juga menyebut sarang walet—yang sudah dikenal dalam tradisi kuliner Cina lebih dari satu milenium lalu—punya fungsi meningkatkan reproduksi dan regenerasi sel tubuh manusia. “Ia juga membantu mengembangkan sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan metabolisme,” sambung Runckel, mengutip temuan penelitian medis dari Chinese Hong Kong University.

Meski dikenal sebagai salah satu kuliner khas Cina, negara itu mendapatkan pasokan sarang burung walet justru dari Asia Tenggara. Menurut Yun-Cheung Kong, profesor biokimia di Chinese Hong Kong University, sarang walet yang berasal dari Asia Tenggara pertama kali diperdagangkan di Cina sejak masa Dinasti Tang (618–907 M).

Lalu dalam kurun 1405-1433, Laksamana Zheng He, di Indonesia lebih populer sebagai Cheng Ho, menjalin hubungan dagang dengan banyak kerajaan di Asia Tenggara. Salah satu barang dagangan mahal kala itu adalah sarang burung walet. Saat ini Indonesia adalah pengekspor sarang walet terbesar di dunia, mengirimkan sekitar 2.000 ton tiap tahunnya. Negara pengimpor terbesar sarang burung walet ini, tak lain tak bukan adalah Cina.

“Orang China percaya sarang burung walet punya daya penyembuh untuk beragam penyakit seperti TBC, sakit lambung, dan pendarahan paru-paru. Ia juga dianggap mampu meremajakan kulit atau memperlambat proses penuaan,” tulis M.F. Mukhti di Historia.

Sarang walet (Edible’s Bird Nest) terbuat dari air liur burung walet yang terpadatkan tanpa tambahan bahan lain. Di Indonesia, makanan dan minuman berbasis sarang walet dikembangkan oleh Realfood. Founder Realfood Edwin Pranata menegaskan soal manfaat sarang walet bagi kesehatan.

“Untuk mendapatkan manfaat itu diperlukan proses yang tidak mudah. Sebagai perusahaan yang memang menjadikan sarang burung walet sebagai bahan utama, kami ingin masyarakat Indonesia dapat mengonsumsi berbagai manfaat sarang burung walet kualitas terbaik dengan mudah dan menjadikannya sebuah pengalaman yang pribadi yang menyenangkan,” jelasnya.

Adapun kurma, buah yang sering disebut sebagai buah nabi itu, merupakan buah yang kaya nutrisi. Kandungan utama buah ini adalah karbohidrat sederhana (terutama gula, seperti sukrosa dan fruktosa). Di dalamnya terkandung pula serat dan protein. “Kurma juga kaya akan asupan kalsium, zat besi, vitamin K, folat, serta antioksidan seperti karoten, fenolik, avanoid, dan anthocyanin,” terang situs Hello Sehat.

Manfaat kurma juga tak sedikit, mulai dari membantu menjaga kesehatan pencernaan, mencegah risiko diabetes dan anemia, meningkatkan kesehatan tulang dan jantung, hingga asupan yang tepat untuk menurunkan berat badan dan membantu persalinan.

Infografik Advertorial Realfood
Infografik Advertorial Ada Apa Dalam Sarang Burung Walet. tirto.id/Mojo
Jalan Mencapai Hidup Sehat
Kabar baiknya, jelang bulan puasa ini, Realfood menghadirkan program Realfood Ever Glow yang membantu kita meningkatkan energi lewat asupan karbohidrat juga serat dari sarang walet dan buah kurma. Program sehat Ever glow bisa dikonsumsi minimal selama 12 hari untuk hasil yang lebih maksimal.

“Diharapkan bisa membantu menjaga energi kita sepanjang hari, serta manfaat-manfaat lainnya, khususnya pada saat puasa,” demikian keterangan Realfood yang diterima Tirto.

Program Ever Glow sendiri merupakan semi-concentrated, sehingga menghasilkan tekstur yang lebih cair. Di dalamnya terdapat kandungan Epidermal Growth Factor (EGF), Asam Sialat, Chondroitin Glycosaminoglycans (GAGs), serta Asam Amino Esensial: Valin, Leusin, Isoleusin, Arginin, Histidin.

Seperti halnya sarang walet dan buah kurma, Ever Glow juga punya banyak manfaat, misal membantu menutrisi paru-paru, membantu melindungi mukosa lambung, membantu mencerahkan kulit, serta membantu menurunkan kadar kolesterol, dan lain-lain.

Saat dikonsumsi selama bulan puasa, kandungan Glukosa serta Fruktosa dalam Ever Glow—yang mudah diserap—berfungsi menggantikan dengan cepat energi tubuh yang hilang.

Program sehat ini harus dikonsumsi rutin saat perut kosong, agar penyerapan zat-zat aktif dari program Realfood dapat maksimal. Adapun cara konsumsinya pada bulan puasa adalah saat berbuka atau sebelum sahur.

Untuk diketahui, Realfood merupakan program sehat berbahan dasar sarang walet pertama di Indonesia, yang diproduksi dan dikemas secara steril dan modern, serta diformulasikan secara khusus dalam bentuk program sehat 12 hari. Meskipun tanpa pengawet, program sehat ini bisa bertahan hingga 12 bulan dalam suhu ruangan sebelum dibuka sebab menggunakan sistem vacuum cap.

Selain Ever Glow, Realfood punya enam program sehat lain, yakni Stay Fit, Forever Young, Forever Young+, Wonder Mom, Royal Wellness, dan Pure Wellness. Semua program sehat disupervisi oleh para ahli gizi dan nutrisi berpengalaman, sesuai dengan standar ISO 22000, dan mendapatkan sertifikasi halal dan BPOM sehingga aman dikonsumsi siapa pun sesuai kebutuhan.

Program sehat Realfood dibuat untuk menandai perjalanan awal mencapai hidup sehat. “Alah bisa karena biasa,” kata sebuah pepatah lama. Demi hasil maksimal, pastikan dirimu rutin menerapkan program sehat Realfood setiap hari.
(tirto.id - Kesehatan)

Penulis: Advertorial
Editor: Advertorial

DarkLight