Megawati Sindir Soal People's Power Usai Pencoblosan

Oleh: Dieqy Hasbi Widhana - 17 April 2019
Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri berharap Pemilu 2019 beralangsung riang gembira. Dia berharap tak ada keributan dan pihak yang kalah bisa menerima dengan lapang dada.
tirto.id - Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri berharap Pemilu 2019 beralangsung riang gembira. Dia berharap tak ada keributan dan pihak yang kalah bisa menerima dengan lapang dada.

"Waktu kalah ya saya ndak ribut ya sudah ketawa saja ayok kita makan-makan. Itu pilihan rakyat," kata Megawati di kawasan Kebagusan, Jakarta Selatan, Rabu (17/4/2019).

Menurut Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto, apa yang diucapkan Megawati adalah upaya untuk mewaspadai gerakan massa bila ada kekalahan. Ancaman itu pernah keluar dari mulut dari Dewan Pembina PAN Amien Rais.

"Jangan sampai ada ancaman-ancaman lagi kalah pemilu mau melakukan people's power. Maka tadi ibu Megawati Soekarnoputri mengingatkan," kata Hasto di lokasi yang sama dengan Megawati.

Dalam Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu, lembaga survei baru dapat mempublikasikan hasil pencoblosan dua jam setelah pemungutan suara di TPS wilayah Indonesia barat selesai.

Aturan itu tercantum dalam pasal 449 ayat 5, yang menyebut, "pengumuman prakiraan hasil penghitungan cepat pemilu hanya boleh dilakukan paling cepat 2 (dua) jam setelah selesai pemungutan suara di wilayah Indonesia bagian barat".

Baca juga artikel terkait PEMILU 2019 atau tulisan menarik lainnya Dieqy Hasbi Widhana
(tirto.id - Hard News)


Penulis: Dieqy Hasbi Widhana
Editor: Gilang Ramadhan