MBC Ubah Jadwal Tayang Drama Korea Harian Malam Jadi Pagi Hari

Oleh: Maria Ulfa - 12 Juni 2019
Dibaca Normal 1 menit
MBC mengubah jadwal penayangan drama Korea dari malam menjadi pagi hari karena perubahan tren masyarakat Korea.
tirto.id - Salah satu stasiun televisi Korea Selatan, MBC pada Senin (10/6/2019) memutuskan untuk mengubah jadwal penayangan drama harian dari malam menjadi pagi hari.

Menurut laporan tersebut, drama Blessing of the Sea akan menjadi drama harian terakhir yang tayang pada malam hari. Setelah itu, MBC akan menayangkan drama harian pada pagi hari.

“Daripada melihatnya sebagai drama harian pada malam hari yang dihentikan, tolong lihat itu sebagai drama harian yang telah bergeser dari malam hari ke pagi hari. Kami akan fokus pada jam-jam pagi,” ujar perwakilan MBC, seperti dilansir Sports Donga.

Dengan memindahkan jam tayang tersebut, MBC menjadi satu-satunya saluran televisi nasional yang akan bersaing dengan SBS yang juga memiliki siaran drama harian pada pagi hari.

Drama pertama yang akan tayang pada pagi hari setelah perubahan jadwal ini adalah Everyone Kung Tari yang akan tayang perdana pada 15 Juli 2019 mendatang.

Pada awal Mei 2019, MBC telah mengumumkan perubahan jadwal penayangan drama mingguan mereka.

MBC pernah menghentikan sementara drama Senin-Selasa setelah 40 tahun dan memindahkan waktu siaran drama mini seri dari pukul 10.00 p.m KST, menjadi 09.00 p.m KST.

Perubahan jadwal tayang drama mini seri tersebut disebabkan perubahan jam kerja dan gaya hidup para penontonnya.

“Menurut data yang dikeluarkan Shinhan Card pada November 2018, waktu di mana orang menggunakan kartu debit atau kredit untuk membayar makanan telah berubah dari pukul 8 menjadi pukul 9 malam pada tahun 2012, dan dari pukul 7 menjadi pukul 8 malam pada tahun 2018,” tutur perwakilan MBC seperti dilansir Sportschosun.

MBC melanjutkan, “Menurut data besar yang dianalisis oleh KT, rata-rata jumlah orang yang bekerja setiap hari dari 1 Agustus hingga 16 September di wilayah Gwanghwamun menurun 55 menit dibandingkan tahun sebelumnya.”

Untuk mengikuti tren orang yang meninggalkan pekerjaan lebih awal, MBC telah membuat perubahan pada penjadwalan mereka pada 2019.

Selain itu, pertimbangan mereka adalah persaingan antara stasiun televisi yang semakin padat di jam-jam tersebut.

MBC menjelaskan, "Dengan menyiarkan program-program dengan genre yang sama dalam slot waktu yang sama, hal tersebut membatasi hak pemirsa untuk memilih dan dapat memungkinkan kalau berbagai program menerima ulasan yang tidak adil."

Melalui perubahan jadwal ini, MBC memiliki tujuan untuk memperluas jenis konten yang dapat mereka buat dan menyediakan lebih banyak opsi untuk pemirsa.


Baca juga artikel terkait DRAMA KOREA atau tulisan menarik lainnya Maria Ulfa
(tirto.id - )

Penulis: Maria Ulfa
Editor: Dipna Videlia Putsanra
DarkLight