Menuju konten utama

Matahari Catat Penjualan Kotor 2017 Sebesar Rp17,5 Triliun

Total penjualan kotor Matahari tercatat sebesar Rp 17,5 triliun, naik 1,2% dibanding 2016.

Matahari Catat Penjualan Kotor 2017 Sebesar Rp17,5 Triliun
Sejumlah pengunjung memilih koper yang dijual di Matahari Department Store, Mal Taman Anggrek, Jakarta, Kamis (23/11/2017). ANTARA FOTO/Aprillio Akbar

tirto.id - PT Matahari Department Store Tbk mencatat penjualan kotor tahun 2017 sebesar Rp17,5 triliun. Jumlah ini naik 1,2 persen dibanding 2016.

Matahari juga berhasil mencatat kenaikan pendapatan bersih sebesar 1,3% menjadi sebesar Rp10 triliun. Same store sales growth menurun 1,2 persen dan laba bersih tercatat sebesar Rp1,9 triliun, ekuivalen 10,9 persen dari penjualan.

“Meskipun dilatarbelakangi pelemahan daya beli konsumen, kami berhasil meningkatkan total penjualan sebesar 1,2%. Dengan berhasilnya program baru merchandise initiatives kami, dan antisipasi kondisi ekonomi makro yang menguat, kami optimis bahwa penjualan kami akan tumbuh lebih baik di 2018," kata CEO dan Vice President Director Matahari, Richard Gibson.

Dalam keterangan tertulis yang diterima Tirto pada Rabu (28/2/2018), jumlah gerai Matahari sudah bertambah jadi 155 gerai di 73 kota di Indonesia, setelah ada tambahan 8 gerai baru yang dibuka sepanjang 2017.

Tambahan gerai itu ada di Tegal (Jawa Tengah), Madiun, Jember (keduanya di Jawa Timur), Medan (Sumatera Utara), Cirebon (Jawa Barat), Baturaja, Lahat (keduanya di Sumatera Selatan), dan satu gerai specialty store Nevada di Surabaya (Jawa Timur). Tahun ini, Matahari berencana membuka 6-8 gerai baru.

Matahari Department Store adalah department store pertama dan terbesar di Indonesia, yang mengoperasikan 155 gerai dengan luas ruang usaha lebih dari satu juta meter persegi dan tersebar di 73 kota di seluruh Indonesia. Matahari juga menawarkan merchandise secara online melalui MatahariStore.com.

Dengan perjalanan usaha yang telah dibangun selama 59 tahun, Matahari menyediakan fashion trend terkini untuk kategori pakaian dan mode, serta produk-produk kecantikan dan barang-barang keperluan rumah tangga lainnya yang ditampilkan dalam gerai modern dan lengkap bagi kalangan menengah Indonesia yang semakin meningkat.

Matahari sangat bangga atas dukungannya terhadap perekonomian Indonesia dengan mempekerjakan lebih dari 40.000 karyawan dan ber-partner dengan 850 pemasok lokal serta pemasok internasional.

Sejumlah penghargaan juga pernah diterima Matahari, yaitu, termasuk Top 500 Retail Asia Pacific - 3rd Retailer in Indonesia dari Retail Asia, Euromonitor, & KPMG; Brand Asia 2017 – Top 3 Most Powerful Retail Brand in Indonesia dari Nikkei BP Consulting, Inc dan WoW Brand Award 2017 – Gold Champion dari MarkPlus Inc, keduanya untuk kategori department store.

Di samping itu, Matahari juga meraih penghargaan Indonesia Netizen Brand Choice Award 2017 dari Warta Ekonomi. Seluruh penghargaan ini mendukung dan memperkuat reputasi baik Perseroan sebagai salah satu perusahaan yang terkemuka, dinamis, dan terpercaya.

Baca juga artikel terkait PENJUALAN RITEL atau tulisan lainnya dari Dipna Videlia Putsanra

tirto.id - Bisnis
Reporter: Dipna Videlia Putsanra
Penulis: Dipna Videlia Putsanra
Editor: Dipna Videlia Putsanra