Marlene Dietrich Penentang Nazi Muncul di Google Doodle Hari Ini

Oleh: Agung DH - 27 Desember 2017
Google Doodle pada hari ini menampilkan Maria Mangdalena Dietrich berpakaian tuksedo dan topi sebagai perayaan atas ulang tahun aktis penentang Nazi ini.
tirto.id - Google pada hari ini Rabu (27/12/2017) merayakan ulang tahun Maria Mangdalena Dietrich atau lebih dikenal Marlene Dietrich ke-116 dalam doodle mereka. Marlene Dietrich lahir di Berlin pada 1901. Ia dikenal sebagai aktris dan penyanyi dan feminis yang menentang Nazi.

Namanya mulai terkenal saat berperan sebagai Lola-lola dalam film "The Blue Angle" (1930) dan mengantarkan pada kontrak dengan Paramount Pitures. Dari situ, Marlene Dietrich membintangi film-film Hollywod antara lain "Marocco" (1930), "Shanghai Express" (1932), dan "Desire" (1936).

Pada 1939 ia resmi menjadi warga negara AS dan menolak menjadi agen propaganda Nazi.

Sebaliknya, ia membantu para pelarian dari Jerman dan Perancis yang hendak ditangkap pasukan Hitler. Ia juga menjadi penyanyi penghibur bagi pasukan AS di garis depan. Lantaran jasa Marlene di perang inilah pemerintah AS menganugerahi Medal of Freedom dan pemerintah Perancis memberikan medali French Légion d'Honneur.

Dietrich lebih dari sekedar femme fatale, dengan suara merdu. Sebagai perempuan yang berani mengambil risiko, dia mengubah gagasan tentang feminitas secara terbalik. Ia mengenakan tuksedo dan topi top seperti saat berperan dalam film "Marocco". Gaya Marlene Dietrich inilah yang kemudian ditampilkan di Google Doodle hari ini.

Ia meninggal di Paris pada 6 Mei 1992 karena mengalami gagal ginjal. Pemakamannya dihadiri 1500 orang.

Baca juga artikel terkait MARLENE DIETRICH atau tulisan menarik lainnya Agung DH
(tirto.id - Humaniora)

Reporter: Agung DH
Penulis: Agung DH
Editor: Agung DH