Marc Marquez Batal Pole MotoGP Austin 2018 Karena Halangi Vinales

Oleh: Fitra Firdaus - 22 April 2018
Marc Marquez akan start dari urutan keempat di MotoGP Austin karena terbukti mengganggu Maverick Vinales.
tirto.id - Marc Marquez batal meraih pole position atau start terdepan di MotoGP Austin. Sebaliknya, pebalap Repsol Honda ini dikenai penalti tiga tingkat. Marquez akan memulai lomba dari urutan keempat, sementara Maverick Vinales menempati urutan pertama.

Marc Marquez kembali bertingkah dalam lanjutan MotoGP 2018 di Grand Prix Austin. Dalam sesi kualifikasi, pebalap asal Spanyol tersebut tampak menghalang-halangi gerakan Maverick Vinales, pebalap Movistar Yamaha, yang mendapat giliran setelah dirinya.

Tingkah Marquez tersebut tidak berlangsung lama. Dia lantas melebar keluar dari lintasan untuk memberikan ruang kepada Vinales menyalipnya. Namun, tingkah itu sukses memancing reaksi marah Vinales yang mengangkat tangan kepada juara bertahan MotoGP tersebut.

Marquez memang mencatatkan waktu terbaik di sesi kualifikasi yang digelar pada Minggu, 22 April 2018. Dia unggul 0,406 detik dari Maverick Vinales yang ada di urutan kedua. Namun, akibat tingkahnya menghalangi Vinales, posisi Marquez diturunkan jadi start keempat lomba yang akan diadakan pada Senin, 23 April pukul 02.00 WIB.

Akun twitter resmi MotoGP mencantumkan keterangan, "MotoGP FIM Stewards menyatakan Marc Marquez diberi penalti tiga tingkat grid karena membalap dengan pelan di lintasan, dan mengganggu pebalap lain."

Dengan demikian, pemegang pole position GP Austin adalah Maverick Vinales. Berikutnya, start dari urutan kedua dan ketiga secara beruntun, adalah Andrea Iannone (Suzuki) dan Johann Zarco (Yamaha Tech 3).

Meskipun Marquez ada di posisi start keempat, dia tetap berada di depan sang rival Valentino Rossi yang start dari posisi kelima.

Marc Marquez sendiri adalah pemenang GP Austin dalam lima tahun beruntun. Pria berjuluk Baby Alien selalu mendominasi balapan di Circuit of the Americas tersebut. Bahkan, andai tidak terkena penalti, maka Marquez akan mencatatkan rekor menempati pole position dalam enam tahun beruntun di GP Austin.



Baca juga artikel terkait MOTOGP 2018 atau tulisan menarik lainnya Fitra Firdaus
(tirto.id - Olahraga)

Reporter: Fitra Firdaus
Penulis: Fitra Firdaus
Editor: Fitra Firdaus