Makoto Shinkai Ceritakan Inspirasi Film "Kimi no Nawa"

Oleh: Yulaika Ramadhani - 6 April 2017
Dibaca Normal 1 menit
Puisi Jepang berusia 1000 tahun berjudul Ono no Komachi menginspirasi film "Kimi no Nawa". Shinkai berniat menciptakan film yang menyasar penonton muda Jepang yang 'mampu percaya pada masa depan'.
tirto.id - Inspirasi sineas Makoto Shinkai dalam pembuatan film animasinya Kimi no Nawa atau Your Name berasal dari puisi Jepang berusia 1000 tahun berjudul Ono no Komachi.

Kimi no Nawa berkisah tentang Taki, pelajar laki-laki yang hidup di Tokyo dan Mitsuha, gadis remaja yang bosan hidup di pedesaan. Setelah fenomena aneh terjadi, keduanya sering bertukar tubuh saat bangun tidur. Film yang mengisahkan cinta serta perjalanan antar waktu.

Kepada Reuters dan dilansir dari Antara, sutradara film ini mengatakan bahwa ia terinspirasi dari kata-kata dalam puisi Ono no Komachi yang ditulis berabad-abad lalu, tentang pertemuan dengan kekasih dalam mimpi dan rasa sedih yang melanda saat terjaga.

Shinkai yang juga membuat film 5 Centimeters per Second mengatakan, ia berniat menciptakan film yang menyasar penonton muda Jepang yang 'mampu percaya pada masa depan'.

“Saya membuat film ini berharap penonton mudah percaya bahwa ‘mungkin ada orang dalam hidupku yang kelak akan kutemui, besok atau nanti,” katanya.

Kehidupan Mitsuha di desa dengan hiruk pikuk kota tempat Taki tinggal diambil dari pengalaman Shinkai sendiri. Ia besar di desa kecil kemudian pindah ke Tokyo, kota di mana ia mengatakan “terasa hampir seperti negara lain” dalam Jepang.

“Saya kira sudah jadi tema umum di mana orang Jepang harus memilih di mana akan tinggal, Tokyo atau kampung halaman mereka,” katanya pada Reuters.

Kimi no Nawa sukses di banyak negara. Film ini juga memenangkan The Los Angeles Film Critics Association (LAFCA) dan dianugerahi penghargaan Animasi Terbaik tahun 2016. Lebih dari itu, Shinkai juga disebut-sebut sebagai penerus animator Hayao Miyazaki, salah satu pendiri Studio Ghibli yang membuat film animasi pemenang Oscar, Spirited Away.

“Orang terlalu memuji saya,” kata Shinkai menanggapi.

“Pada saat yang sama, saya lebih muda dari dia jadi saya berniat membuat lebih banyak film animasi, yang tidak bisa sama dengan karyanya tapi akan saya buat dengan cara berbeda untuk penonton,” ujarnya.

"Tentu saja saya senang saat orang menyebut namanya dan nama saya dalam satu nafas. Rasanya seperti mimpi. Tapi saya tahu mereka terlalu memuji Your Name karena saya tentu saja tidak sebanding dengan Miyazaki. Jujur, saya sangat tidak mau Miyazaki menontonnya karena dia akan melihat semua kekurangannya," tambahnya.

Kimi no Nawa juga masuk dalam consideration list for the Oscar nomination for Best Animeated Feature pada Academy Awards 2017 dan akan ditayangkan di 200 layar bioskop Amerika Utara pada 7 April 2017 dengan menghadirkan versi asli dengan terjemahan dan versi alih suara dalam bahasa Inggris di AS dan Kanada.

Baca juga artikel terkait ANIME JEPANG atau tulisan menarik lainnya Yulaika Ramadhani
(tirto.id - Film)

Reporter: Yulaika Ramadhani
Penulis: Yulaika Ramadhani
Editor: Yulaika Ramadhani
DarkLight