Thomas Djiwandono

Bendahara Umum Partai Gerindra (2014-2019)
Lahir: Jakarta, 7 Mei 1972
Karir
  • Bendahara Umum Partai Gerindra (2014-2019)
Thomas M. Djiwandono merupakan seorang tokoh politik yang bergabung di partai Gerindra. Pria yang sering dipanggil Tommy merupakan keponakan Prabowo Subianto.

Pria kelahiran Jakarta 7 Mei 1972 ini terlahir dari keluarga terpandang, sang ayah merupakan mantan Gubernur Bank Indonesia, sang ibu merupakan kakak kandung dari Prabowo Subianto. Tommy merupakan cicit dari R.M Margono Djojohadikusumo, pendiri Bank BNI 46.

Tidak heran jika Tommy menimba ilmu semasa SMP Kanisius Menteng, Jakarta. Dia juga meneruskan kuliahnya di Universitas Haverford College, Pennsylvania, Bidang Studi Sejarah pada tahun 1990 hingga 1995. Pendidikan S2 Tommy meneruskan di Johns Hopkins University School of Advanced International Studies, Washington, Amerika  Serikat, dengan mengambil jurusan International Relations and International Economics.

Karier Tommy dimulai dengan menjadi wartawan di magang di Majalah Tempo pada tahun 1993 lalu pernah bergabung dengan Indonesia Business Weekly pada tahun 1994. Dia juga pernah bekerja sebagai analisis keuangan di Wheelock NatWest Securities, Hong Kong.

Tommy juga pernah menjabat sebagai Deputy CEO Arsari Group, perusahaan sang paman Hashim yang bergerak di bidang agrobisnis. Untuk karier politiknya dia memulai dengan bergabung dengan partai Gerindra, dia juga sempat menjadi Calon Legislatif (Caleg) di Provinsi Kalimantan Barat.

Pada tahun 2014 dia menjabat sebagai bendahara umum partai Gerindra untuk periode 2014-2019. Selama menjabat sebagai bendahara umum partai ini kinerja Tommy mendapatkan apresiasi karena selama Pilpres 2014 berlangsung dia sangat serius dan selalu mencatat aktivitas keuangan partai dengan sangat rapi.

Berkat kinerjanya itu Partai Gerindra berhasil mendapatkan predikat Partai Politik terbaik dengan laporan keuangan yang paling transparan. Partai Gerindra juga mendapatkan penghargaan dari Transparency International Indonesia dan Indonesia Corruption Watch.

Nama Tommy mulai ramai diperbincangkan masyarakat karena dirinya terpilih kembali menjadi Bendahara I atau Bendahara Umum untuk Tim Kampanye Nasional Prabowo – Sandiaga Uno.
DarkLight