Indonesia Raih Medali Perunggu

Luis Milla Berterima Kasih kepada Suporter Timnas Indonesia

Oleh: Herdanang Ahmad Fauzan - 30 Agustus 2017
Dibaca Normal 1 menit
Target medali emas gagal dipersembahkan oleh Luis Milla.
tirto.id - Timnas Indonesia meraih medali perunggu cabang sepakbola SEA Games 2017 usai menang 3-1 atas Myanmar. Medali perunggu ini sebagai pelipur lara atas kekalahan dari Malaysia di babak semifinal.

Pelatih Luis Milla mengungkapkan jika hasil tersebut tak lepas dari dukungan para suporter Indonesia. Garuda Muda nyaris pulang dengan tangan hampa setelah tertinggal 0-1 dari Myanmar pada babak pertama. Di luar dugaan, Indonesia mampu membalas ketertinggalan tersebut dengan tiga gol.

“Ada hal fundamental dalam turnamen ini yang sangat membantu kami dalam bermain. Itu adalah suporter,” ungkap Milla seperti dikutip situs resmi PSSI.

Tiga gol Indonesia pada pertandingan terakhir itu dicetak oleh Evan Dimas, Septian David Maulana, dan Rezaldi Hehanusa. Milla mengatakan jika semangat juang yang menghasilkan tiga gol itu tak lepas dari dukungan para suporter. Pasalnya, pada istirahat turun minum Milla tak memberi instruksi yang luar biasa.

“Apa yang saya lakukan saat pergantian di babak kedua adalah seperti biasa kami melakukan analisis pertandingan apa yang kurang dan harus diperbaiki,” imbuh Milla.

Selain dukungan, Milla melempar pujian untuk para pemain. Pria asal Spanyol itu juga mengatakan jika 10 menit terakhir adalah kunci kemenangan Indonesia.

“Yang banyak membantu kami adalah 10 menit terakhir pada babak pertama saat kami bisa keluar dari tekanan dan bisa bermain baik. Tidak lupa juga saya mengucapkan terima kasih kepada pemain-pemain saya yang telah memberikan yang terbaik di pertandingan,” tambah Milla.

Masa depan Luis Milla di Timnas Indonesia masih belum menemui kepastian. Sebelumnya, PSSI memasang target lolos ke Piala Asia U-23 dan meraih medali emas SEA Games. Namun pada akhirnya Milla gagal memenuhi dua target tersebut.

Meski gagal memenuhi target, sejumlah pemain Indonesia berharap Milla dipertahankan. Salah satu pemain yang menginginkan hal tersebut adalah bek sayap Gavin Kwan.

“Kami ingin memberikan yang terbaik untuk indonesia. Kami juga berharap Luis Milla bisa dipertahankan,” ungkap Gavin seperti dikutip situs resmi PSSI.

Tantangan Milla berikutnya adalah mempersiapkan Timnas Senior untuk melakoni laga uji coba melawan Fiji. Pertandingan tersebut diselenggarakan pada Sabtu (2/9/2017) di Stadion Patriot Candrabhaga.

Baca juga artikel terkait INDONESIA VS MYANMAR atau tulisan menarik lainnya Herdanang Ahmad Fauzan
(tirto.id - Olahraga)

Reporter: Herdanang Ahmad Fauzan
Penulis: Herdanang Ahmad Fauzan
Editor: Agung DH
DarkLight