LTMPT Sebut Tahapan yang Harus Dilakukan Usai Lulus SNMPTN 2019

Oleh: Yantina Debora - 22 Maret 2019
Dalam pengumuman SNMPTN 2019, LTMPT mengungkapkan tahapan yang harus dilakukan siswa usai lulus atau gagal seleksi.
tirto.id - Pengumuman hasil Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) disampaikan hari ini, 22 Maret 2019 pukul 13.00 WIB.

Menurut Ketua LTMPT Ravik Karsidi, pengumuman hasil SNMPTN 2019 bakal disampaikan secara online melalui portal http://pengumuman.snmptn.ac.id/.

"Peserta lulus SNMPTN 2019 wajib hadir pada saat registrasi (daftar ulang) pada waktu dan tempat sesuai dengan ketentuan masing-masing PTN," ujar Ravik.

Ia menegaskan, pengumuman registrasi ulang peserta lulus SNMPTN 2019 bisa dicek melalui website masing-masing PTN tujuan.

"Kehadiran pada saat registrasi menentukan proses verifikasi dan status penerimaan peserta SNMPT 2019 sebagai proses mahasiswa di PTN tujuan," kata Ravik.

Ravik melanjutkan, peserta lulus SNMPTN 2019 akan dinyatakan diterima di PTN dengan syarat memenuhi beberapa ketentuan.


Pertama, lolos verifikasi data akademik (rapor) dan portofolio asli serta menunjukkan ijazah/Surat Keterangan Tanda Lulus (SKTL) dan persyaratan lain yang ditentukan PTN tempat peserta SNMPTN diterima.

Kedua Peserta Bidikmisi harus lolos verifikasi terhadap data akademik dan verifikasi data ekonomi melalui dokumen atau kunjungan ke alamat tempat tinggal peserta.

"Bagi peserta SNMPTN yang terlah dinyatakan lulus, tidak diperbolehkan mendaftar Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2019," ujar Ravik.

Sementara siswa yang gagal atau tidak lulus SNMPTN 2019 masih mendapat kesempatan untuk mendaftar Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Gelombang I yang akan ditutup pada minggu 24 Maret 2019 pukul 22.00 WIB.

Sedangkan pendaftaran UTBK Gelombang II dibuka mulai Senin 25 Maret 2019 pukul 22.00 WIB

"Siswa pendaftar Bidikmisi yang tidak lulus Snmptn 2019, apabila mengikuti UTBK tidak dikenakan biaya pendaftaran," ujar Ravik.

Cek hasil SNMPTN 2019 pada aplikasi berikut:


Baca juga artikel terkait SNMPTN 2019 atau tulisan menarik lainnya Yantina Debora
(tirto.id - Pendidikan)

Reporter: Alfian Putra Abdi
Penulis: Yantina Debora
Editor: Agung DH