"Love Scenario" Milik iKON Lagu Terpopuler Korea Selatan 2018

Oleh: Syarifah Aini - 13 Januari 2019
"Love Scenario" yang dibawakan iKON meraih sejumlah penghargaan di sepanjang tahun 2018 hingga awal 2019.
tirto.id - Lagu berjudul “Love Scenario” milik boy band iKON menjadi lagu terpopuler di Korea Selatan (Korsel) sepanjang tahun 2018. Pada Jumat (11/1/2019) kemarin, Gaon Chart telah merilis Top 10 Daftar Lagu Terpopuler Korea 2018, dan “Love Scenario” menjadi pemenangnya.

Berdasarkan empat kategori yang ada, tiga kategori di antaranya berhasil dikuasai oleh iKON, idol group besutan YG Entertaiment. Ketiga kategori itu yakni Year End Digital Chart, Year End Download Chart, dan Year End Streaming Chart.

Di tiga kategori itu, iKON menduduki peringkat pertama lewat lagu “Love Scenario”. Sejak dirilis pada Januari 2018 lalu, tembang ini memang berhasil merajai tangga lagu, baik di level domestik maupun internasional.

Dilansir dari All Kpop, “Love Scenario” menempati posisi pertama di 6 tangga lagu musik Korea baik secara real time maupun daily chart. Enam platform musik ini di antaranya Melon, Genie, Bug, Mnet, Soribada, dan Never.

Kemudian, pada 10 Februari 2018, iKON yang digawangi oleh B.I, Bobby, Jay, Song, Jun-ne, DK, dan Chan boleh berbangga hati karena “Love Scenario” juga memuncaki tangga lagu musik internasional Billboard.


Selanjutnya, pada November 2018, iKON menerima sertifikat platinum dari tangga lagu Gaon. Sertifikat ini diberikan sebagai bentuk apresiasi lagu “Love Scenario” yang telah didownload sebanyak 2,5 juta kali.

Melalui penghargaan ini, iKON menjadi idol group pertama di Korea Selatan yang meraih sertifikat platinum dari Gaon.

Lagu “Love Scenario” telah ditonton lebih dari 240 juta kali di Youtube. Lagu ini juga meraih dua penghargaan bergengsi dari ajang “Global Disc Award” 2019 untuk kategori Best Digital Song (Bongsang) dan Digital Song of the Year (Daesang).

Baru-baru ini, tepatnya pada Senin (7/1/2019), iKON telah merilis lagu baru bertajuk “I’M OK” yang hingga saat ini telah ditonton sebanyak 9 juta kali di Youtube.


Baca juga artikel terkait BOY BAND KOREA atau tulisan menarik lainnya Syarifah Aini
(tirto.id - Musik)


Penulis: Syarifah Aini
Editor: Iswara N Raditya