Liverpool vs West Ham, Jurgen Klopp: Kami Seperti Ricky Balboa

Oleh: Gilang Ramadhan - 12 Agustus 2018
Dibaca Normal 1 menit
Pelatih Liverpool Jurgen Klopp menganggap timnya seperti Ricky Balboa yang berkorban banyak dan menang. Liverpool akan menghadapi West Ham di Anfield pada (12/8/2018).
tirto.id - Liverpool akan menjalani pertandingan pertamanya di Liga Inggris musim 2018/2019 melawan West Ham United pada (12/8/2018) di Stadion Anfield. Menjelang laga tersebut, pelatih The Reds, Jurgen Klopp menyebut Liverpool seperti Ricky Balboa, karakter dalam film 'Rocky'.

"Kami masih Rocky Balboa, bukan Ivan Drago," kata manajer yang menggemari berat film-film Rocky, ketika menjelaskan prospek timnya, dikutip Sky Sports.

Klopp menyebutkan, analogi tersebut tidak berarti timnya adalah kuda hitam dalam perburuan gelar Liga Inggris musim 2018/2019. Namun, pemilihan karakter Ricky Balboa merujuk pada gambaran pengorbanan Liverpool terhadap apapun.

"Ini bukan tentang menjadi kuda hitam, bukan seperti itu. Saya tidak ingin menjadi kuda hitam. Saya ingin menang, dan Rocky menang,' " jelas Klopp.



Liverpool telah menghabiskan sekitar £170 juta untuk membeli pemain di bursa transfer kemarin. Tak ada tim yang mengeluarkan dana lebih besar dari Liverpool di musim ini. Uang sebanyak itu digunakan The Reds untuk membeli kiper Alisson, gelandang Xherdan Shaqiri, Fabinho, dan Naby Keita.

Klopp juga mengatakan Manchester City dan Tottenham Hotspurs tetap tim yang hebat kendati hanya membeli sedikit pemain. Khusus Tottenham, musim ini mereka tak belanja pemain.

"City adalah tim yang fantastis tahun lalu dan mereka membawa [Riyad] Mahrez. Tottenham adalah tim yang fantastis dan mereka juga finis di depan kami (musim lalu). Mereka tidak membawa siapa pun, tetapi mereka masih merupakan tim fantastis yang akan berkembang," ungkap mantan pelatih Dortmund itu.

Klopp juga tak luput memuji bakal lawannya di laga nanti, Manuel Pellegrini dengan menyebut sebagai salah satu pelatih tersukses di planet bumi. Pelatih West Ham itu juga menggelontorkan lebih dari £100 juta untuk mendatangkan nama-nama seperti Andriy Yarmolenko, Felipe Anderson, dan Jack Wilshere.

"Manuel adalah salah satu manajer paling sukses di planet ini. Dia tahu bagaimana sepakbola berjalan dan merupakan pelatih yang baik dan pelatih yang sangat baik," tambah Klopp.

"Mereka benar-benar ambisius tapi ini pertandingan kandang pertama bagi Liverpool dan orang-orang mengharapkan kita menang. Saya mengharapkan hal yang sama. Ini akan menjadi 90 menit yang brutal. Kamiharus siap untuk itu tetapi mudah untuk tidak meremehkan mereka," pungkas Klopp.

Menurut rekor pertemuan kedua tim, dari 5 pertemuan terakhir Liverpool lebih unggul dengan 3 kemenangan, sekali imbang dan sekali kalah. Pellegrini sendiri memiliki rekor kurang bagus jika berhadapan dengan The Reds di LIga Inggris, menang 2 kali dan kalah 4 kali.


Baca juga artikel terkait LIGA INGGRIS atau tulisan menarik lainnya Gilang Ramadhan
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Gilang Ramadhan
Editor: Gilang Ramadhan