Live Streaming Gerhana Matahari Hari Ini 20 April 2023 Youtube

Penulis: Addi M Idhom, tirto.id - 20 Apr 2023 09:15 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Live Streaming Gerhana Matahari hari ini 20 April 2023 Youtube disiarkan BMKG, BRIN, dan NASA.
tirto.id - Live streaming Gerhana Matahari hari ini 20 April 2023 di Youtube disediakan oleh sejumlah kanal resmi milik lembaga yang memiliki kapasitas di bidang pengamatan fenomena langit.

Di antara kanal Youtube yang menayangkan live streaming Gerhana Matahari hari ini, yakni Kamis (20/4/2023), adalah saluran milik BMKG, BRIN, dan NASA.

BMKG menyiarkan live streaming Gerhana Matahari hari ini dari beberapa lokasi pengamatan mulai pukul 08.30 WIB dari sejumlah lokasi pengamatan, seperti Jakarta dan BIAK.

Adapun kanal Youtube NASA menyiarkan live streaming Gerhana Matahari Hibrida hari ini berdasar pengamatan dari Australia mulai pukul 9.30 WIB.


Gerhana Matahari Hari Ini Jam Berapa?

Gerhana Matahari Hibrida hari ini, pada Kamis, 20 April 2023 melintasi sejumlah wilayah Indonesia dengan jadwal berlainan. Estimasi waktu gerhana di setiap wilayah rerata sekitar 2-3 jam.

Mengutip info BMKG, sebagian wilayah Indonesia dilintasi oleh Gerhana Matahari Hbrida Total dan lainnya hanya gerhana matahari parsial.

LAPAN menginformasikan, wilayah Indonesia yang pertama kali dilintasi Gerhana Matahari Hibrida hari ini adalah Yogyakarta, yakni mulai Pukul 09.26 WIB (awal), puncak di pukul 10.45 WIB, dan berakhir pukul 12.16 WIB.

Gerhana Matahari Hibrida total mulai pukul 12.20 WIT dengan puncak gerhana terjadi pada pukul 13.57 WIT melewati sejumlah wilayah di Papua, seperti Biak Numfor, Fakfak, Teluk Bintuni, Teluk Wondama, dan Kepulauan Yapen.

Di Jakarta dan wilayah sekitarnya, Gerhana Matahari Hibrida parsial bisa dilihat mulai pukul 09.29 WIB dan puncaknya pada 10.45 WIB.

Gerhana Matahari Hibrida adalah fenomena gerhana matahari total dan gerhana matahari cincin yang terjadi bersamaan di satu waktu. Fenomena ini dipengaruhi oleh faktor kelengkungan Bumi.

Di Indonesia, Gerhana Matahari Hibrida pada 20 April 2023 berlangsung paling lama 3 jam 5 menit, yakni jika diamati dari Kota Biak, Papua. Di Biak, matahari akan tertutup total selama 58 detik saat puncak Gerhana Matahari Hibrida.

Live Streaming Gerhana Matahari Hari Ini di Youtube

Berikut ini sejumlah link untuk mengakses live streaming Gerhana Matahari Hibrida hari ini melalui kanal Youtube BMKG, BRIN, dan NASA.

Live Streaming Gerhana Matahari di Biak 2 (BMKG)

Live Streaming Gerhana Matahari di Fakfak (BMKG)

Live Streaming Gerhana Matahari di Ancol (BMKG)

Live Streaming Gerhana Matahari di Biak 1 (BMKG)

Live Streaming Gerhana Matahari dari BRIN

Live Streaming Gerhana Matahari dari NASA

1. Gerhana Matahari Live dari Biak


2. Gerhana Matahari Live dari Fakfak


3. Gerhana Matahari Live oleh BRIN


3. Gerhana Matahari Live dari Australia oleh NASA


Baca juga artikel terkait GERHANA MATAHARI atau tulisan menarik lainnya Addi M Idhom
(tirto.id - Sosial Budaya)

Penulis: Addi M Idhom
Editor: Muhammad Fadli Nasrudin Alkof

DarkLight