Lirik Lagu Sapu Jagat Nissa Sabyan & Maknanya untuk Dekatkan Jodoh?

Oleh: Putri Avi Nursasi - 15 Maret 2021
Dibaca Normal 1 menit
Lirik lagu “Sapu Jagat” dari Sabyan Gambus dan doa Sapu Jagad yang dipercaya bisa mendatangkan jodoh yang soleh dan solehah.
tirto.id - Sabyan Gambus merilis single terbarunya yang berjudul Sapu Jagat pada 13 Maret 2021.

Lagu “Sapu Jagat” yang diciptakan oleh Ayus Sabyan ini langsung ramai menjadi perbincangan warga net.

Dalam music video (MV) tersebut, Nissa terlihat menangis, selain itu juga karena lirik dalam lagu tersebut menceritakan tentang kekhilafan seseorang.

Official Music Video “Sapu Jagat” ini berhasil menduduki posisi ke-3 di Trending YouTube hingga 15 Maret 2021 dengan 2,543,167 views sejak rilis pada tanggal 13 Maret 2021 lalu.

Berikut ini merupakan lirik lagu “Sapu Jagat” dari Sabyan Gambus:

Lirik lagu “Sapu Jagat” dari Sabyan Gambus

Letihnya mencari jawaban misteri
Larut ku dalam lamunan angan tak bertepi
Jiwa yang tak tenang hati yang tenggelam
Khilaf ku untuk relakan segala yang ku genggam

Rabbana atina fiddunya hasanah
Wa fil akhiroti hasanah wa qina 'adzabannar

Rasa yang kau beri bukan yang ku pinta
Ku pasrah dan menerima kuserahkan semua
Jalan tak berarah kemana melangkah
Membawa cinta bersama luka yang kurasa

Rabbana atina fiddunya hasanah
Wa fil akhiroti hasanah wa qina 'adzabannar

Berserahku pada Nya tuk menggapai semua
Yakin ku cara Mu lah yang terbaik untukku
Bawa hatiku pergi tuk selalu bersamaMu
Demi kebaikan dunia dan keabadian

Rabbana atina fiddunya hasanah
Wa fil akhiroti hasanah wa qina 'adzabannar.


Di grup ini, nama Nissa yang paling menonjol sehingga orang pun lebih mengenalnya sebagai Nissa Sabyan. Namun, lagu-lagu Sabyan Gambus banyak yang ditulis oleh Ayus, sang kibordis.

Nissa Sabyan sempat membuat kejutan dan mewarnai sejarah serta perkembangan musik religi di Indonesia. Lewat tembang "Deen Assalam", suara Nissa terdengar di mana-mana. Nissa Sabyan pun viral, bahkan remaja milenial pun tertarik dengan lagu itu.

Usia Nissa Sabyan tahun ini adalah 22 tahun. Nissa Sabyan kelahiran Lumajang, Jawa Timur, tanggal 23 Mei 1999, ini bernama asli Khoirunnisa.

Sedangkan Sabyan adalah nama grup musik gambus yang diawakinya bersama Ahmad Ayus (kibor), Kamal Juanda (darbuka), dan Sofwan Yusuf (perkusi).


Tentang doa Sapu Jagad yang dipercaya bisa mendatangkan jodoh yang soleh dan solehah

Doa Sapu Jagat sendiri memiliki arti sebagai: "Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan pelihara lah kami dari siksa neraka," (QS Al-Baqarah: 201). Dilansir dari NU Online, Senin, (15/3/2021).

Dikutip dari Pengadilan Agama Jepara, Senin, (15/3/2021), makna dari Doa Sapu Jagat adalah yakni meminta kenikmatan dunia, kenikmatan akhirat dan terbebas dari api neraka. Bukankah ini yang tujuan hidup manusia, tidak hanya melulu doa untuk di dunia, tapi juga berdoa untuk kehidupannya di akhirat kelak.

Sehingga jika sering memanjat kan doa ini, Insyaallah dikabulkan Allah SWT karena termasuk doa yang sering dipanjatkan Nabi Muhammad.

Doa sapu jagat juga dipercayai bisa mendatangkan jodoh yang soleh dan solehah. Hal ini berdasarkan tafsir dari Ibnu Abbas Abbas rodhiyallohu ‘anhuma, yang mengatakan bahwa makna hasanah atau kebahagian dunia salah satunya adalah menikahi orang yang Saleh dan solehah. Maka dari itu, sering membaca doa ini setelah shalat bisa mendekatkan jodoh.

Meski pendek dan ringkas, ternyata doa ini juga mencakup dengan nikmat sehat yang diinginkan manusia. Membaca doa ini sehabis shalat, insyaallah bisa selalu menyehatkan tubuh lahir dan batin.

Doa ini juga bisa melapangkan hati orang yang mendapat musibah. Nabi Muhammad SAW pernah membaca doa ini ketika menjenguk kerabatnya yang sedang sakit. Dan Allah pun menyembuhkannya.


Baca juga artikel terkait LIRIK LAGU SAPU JAGAT atau tulisan menarik lainnya Putri Avi Nursasi
(tirto.id - Musik)

Penulis: Putri Avi Nursasi
Editor: Yulaika Ramadhani
DarkLight