Lirik Lagu Daerah Cik-Cik Periuk dan Artinya

Kontributor: Ilham Choirul Anwar, tirto.id - 3 Jun 2022 13:11 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Cik Cik Periuk adalah lagu daerah khas Sambas yang liriknya berkaitan dengan cerita hingga puisi rakyat dalam kesusastraan Melayu Sambas.
tirto.id - Lagu Cik-Cik Periuk adalah lagu daerah yang dikenal di Provinsi Kalimantan Barat. Lagu ini lebih lebih spesifik berasal dari Kabupaten Sambas. Cik-Cik Periuk merupakan salah satu yang populer bersama lagu daerah khas Sambas lainnya.

Di daerah Sambas ada beberapa lagu daerah setempat yang cukup dikenal yaitu Batu Ballah, Ca' Uncang Tandak Sambas, hingga Wak Wak Ampek. Lagu-lagu Sambas ini memiliki keunikan dibanding lagu daerah lain. Salah satunya yaitu penulisan liriknya berkaitan dengan cerita rakyat, puisi rakyat, dan pantun rakyat yang menjadi bagian dari kesenian sastra melayu Sambas.

Mengutip Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Vol. 2, No.9 (2013), lagu Cik Cik Periuk diadaptasi dari cerita rakyat Melayu Sambas dengan tema mengenai permainan rakyat.


Lirik tersebut khas sastra Melayu Sambas yang berbentuk ungkapan tradisional (peribahasa) dan berbentuk pertanyaan tradisional seperti teka-teki. Dalam lirik terdapat penggambaran keriangan dan kegembiraan anak-anak masyarakat Melayu Sambas melalui sebuah permainan.

Lagu Cik Cik Periuk diperkirakan memiliki usia yang cukup lama, mencapai lebih dari 150 tahun. Namun, tidak ada yang mengetahui secara pasti siapa penciptanya. Diperkirakan lagu ini dibuat oleh orang dari suku Dayak asli.

Lirik lagu Cik Cik Periuk memiliki makna yang dalam mengenai sindiran untuk lebih peduli dengan budaya asli setempat. Sebab, semenjak banyak orang dari Jawa datang ke Sambas, terjadi proses pembauran budaya antara budaya asli dengan budaya baru. Akibatnya, budaya luar tersebut dianggap merusak budaya Sambar yang telah berkembang sebelumnya.

Lirik Lagu Cik Cik Periuk

Cik cik periook bilanga sumping dari jawe
Datang nek kecibook bawa kepiting dua ekook
Cik cik periook bilanga sumping dari jawe
Datang nek kecibook bawa kepiting dua ekook
Cak cak bur dalam bilanga picak iddung gigi rongak

sape kitawa dolok dipancung raje tunggak

Arti lirik lagu Cik Cik Periuk

Cik cik periuk Belanga sumbing (pecah) dari jawa
Datang nenek kecibok bawa kepiting dua ekor
Cik cik periuk Belanga sumbing (pecah) dari jawa
Datang nenek kecibok bawa kepiting dua ekor
Diceburkan ke belanga hidung pesek gigi ompong
Siapa ketawa dulu dipancung raja tunggal


Baca juga artikel terkait LIRIK LAGU CIK CIK PERIUK atau tulisan menarik lainnya Ilham Choirul Anwar
(tirto.id - Musik)

Kontributor: Ilham Choirul Anwar
Penulis: Ilham Choirul Anwar
Editor: Nur Hidayah Perwitasari

DarkLight