Lirik "Bangun Bangsaku", Lagu Nasional Ciptaan Binsar Sitompul

Kontributor: Muhammad Iqbal Iskandar, tirto.id - 25 Nov 2022 07:00 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Berikut adalah lirik lagu nasional “Bangun Bangsaku” diciptakan oleh Binsar Sitompul.
tirto.id - Lirik lagu nasional “Bangun Bangsaku” diciptakan oleh Binsar Sitompul. Lagu nasional sendiri merupakan salah satu bentuk kecintaan terhadap negara dan wujud nasionalisme dalam seni khususnya seni musik.

Lagu nasional berfungsi sebagai penyemangat dan propaganda bagi para pejuang untuk melawan para penjajah. Oleh karena itu, lagu-lagu nasional selalu memiliki lirik yang membakar semangat untuk mempertahankan kedaulatan negara dengan diiringi musik yang bernada semangat. Lagu-lagu nasional juga tak sedikit yang berisikan sejarah kemerdekaan Indonesia.

Menurut Desternelli (2017) dalam jurnal Meningkatkan Kemampuan Menyanyikan Lagu Wajib Nasional Dengan Metode Solfegio Di Sekolah Dasar, lagu wajib nasional merupakan lagu berbahasa Indonesia yang syairnya berisi aspek kehidupan bangsa Indonesia. Masa-masa perjuangan kemerdekaan Indonesia biasanya menjadi latar belakang utama penciptaan lagu wajib nasional.

Syair atau lirik dari lagu nasional biasanya memberikan pengaruh positif bagi semangat rakyat yang mendengarnya dalam memperjuangkan dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia serta menghargai dan menghormati sejarah perjuangan bangsa Indonesia.

Sementara menurut Astuti (2013) dalam bukunya Apresiasi Generasi Muda Terhadap Lagu-Lagu Perjuangan menambahkan bahwa lagu wajib nasional merupakan lagu-lagu yang wajib dipelajari, dipahami, dan dihayati makna dan isinya oleh seluruh pemuda pelajar di seluruh pelosok tanah air.

Menurut Mintargo (2008) dalam bukunya Musik Revolusi Indonesia, lagu wajib nasional dapat diklasifikasikan menjadi 3 jenis, yaitu:

1. Lagu Hymne
Lagu ini biasa ditampilkan dalam bentuk paduan suara di acara-acara resmi kenegaraan dengan musik yang cenderung khidmat.
2. Lagu Mars
Lagu ini biasanya berfungsi sebagai pengobar semangat perjuangan atau nasionalisme
3. Lagu Percintaan
Lagu nasional jenis ini biasanya berkisah tentang pemuda yang harus terpisah dengan kekasih atau keluarganya demi berjuang membela tanah air.

Salah satu lagu wajib nasional adalah lagu berjudul “Bangun Bangsaku” yang diciptakan oleh Binsar Sitompul. Lagu ini memiliki nada dasar C = Do dan dimainkan dalam tempo Andante yang berarti pelan seperti orang berjalan.

Lagu ini menceritakan tentang semangat untuk berjuang dan membangun bangsa. Lirik lagu ini mengajak seluruh bangsa dan pemuda Indonesia untuk bangun dan bangkit demi persatuan, kemenangan bangsa, serta keadilan dan kesentosaan rakyat Indonesia.



Lirik Lagu Nasional “Bangun Bangsaku” Karya Binsar Sitompul


Dilansir dari buku Seri Lagu Wajib Nasional, berikut adalah lirik lagu nasional “Bangun Bangsaku” yang diciptakan oleh Binsar Sitompul.

Bangun bangsa Indonesia
Ingat sumpahmu bersama
Ikrar sakti seluruh Bangsa
Rakyat yang adil sentosa

Jiwa raga kita korbankan
Kini saatnya cita kita menang

Ayo bangsa galang persatuan
Lihat Sang Surya tlah tinggi
Ayo mari bangun segera
Nusa dan bangsa bahagia

Jiwa raga kita korbankan
Kini saatnya cita kita menang



Baca juga artikel terkait EDUKASI DAN AGAMA atau tulisan menarik lainnya Muhammad Iqbal Iskandar
(tirto.id - Pendidikan)

Kontributor: Muhammad Iqbal Iskandar
Penulis: Muhammad Iqbal Iskandar
Editor: Yulaika Ramadhani

DarkLight