Lionel Messi Pemenang Ballon d'Or 2019

Oleh: Gilang Ramadhan - 3 Desember 2019
Dibaca Normal 1 menit
Lionel Messi terpilih sebagai pemenang Ballon d'Or 2019.
tirto.id - Penyerang Barcelona dan tim nasional (timnas) Argentina, Lionel Messi, terpilih sebagai pemenang penghargaan pesepakbola individu terbaik versi France Football, Ballon d'Or 2019, pada Selasa (3/12/2019) dini hari WIB di Paris, Perancis.

Ini merupakan gelar keenam bagi La Pulga. Tidak ada pemain lainnya yang mampu menyamai perolehan bola emas milik Messi. Pesaing terdekatnya, Cristiano Ronaldo, baru mengoleksi 5 gelar.

Selain itu, Messi juga telah mengamankan gelar pemain terbaik versi FIFA, FIFA The Best, tahun ini. Artinya, Messi menjadi pemain pertama yang mampu mengoleksi 6 gelar FIFA Men World Player of The Year dan 6 Ballon d'Or.

Messi tampil impresif sepanjang tahun 2019 ini. Pemain kelahiran Rosario, Argentina itu mencetak 40 gol dan menyumbang 17 assist. Semua catatan tersebut hanya dilakukannya dalam 3.516 menit di atas lapangan.

Selain itu, Messi mengantarkan Barcelona menjuarai La Liga Spanyol untuk kedelapan kalinya dalam sebelas musim terakhir.

Namun, Messi gagal di ajang Liga Champions dan Copa del Rey. Bersama timnas Argentina, Messi pun hanya mampu membawa melangkah ke semifinal usai kalah dari Brasil yang pada akhirnya menjadi juara turnamen.

"Yang pasti dia adalah pemain hebat, saya hanya ingin mengucapkan selamat untuk dia. Ini bukan pertama kalinya untuk dia," puji penyerang Bayern Munchen, Robert Lewandowski, yang juga masuk nominasi Ballon d'Or 2019.



"Dia salah satu yang terbaik sepanjang sejarah sepak bola bukan hanya dalam beberapa tahun terakhir. jika Anda melihat banyak pemain hebat sulit untuk memilih yang terbaik, tetapi Leo Messi adalah pemain menakjubkan," imbuhnya.

Lewandowski sendiri finis di urutan 8. Striker asal Polandia itu membawa Bayern Munchen menjuarai Bundesliga dan DFB Pokal.

Sepanjang tahun 2019, catatan 38 gol Lewandowski di ajang liga, sama seperti yang dimiliki Lionel Messi. Bahkan, Lewandowski memiliki jumlah 2 pertandingan yang lebih sedikit (37).

Bek Liverpool dan Timnas Belanda, Virgil van Dijk, berada di urutan kedua hasil akhir voting. Tiga rekan satu timnya di Liverpoool, Mohamed Salah, Sadio Mane, dan Alisson Becker secara berutan finis di peringkat 4, 5, serta 7.

Keempat pemain tersebut berandil besar untuk Liverpool dalam meraih gelar Liga Champions 2018/2019.

Alisson Becker bahkan membantu Brasil memenangkan Copa America 2019 dan sempat menyingkirkan Lionel Messi di babak semifinal. Gelar Liga Champions dan Copa America cukup bagi Alisson untuk diganjar Yashin Trophy (gelar kiper terbaik).

Baca juga artikel terkait BALLON DOR 2019 atau tulisan menarik lainnya Gilang Ramadhan
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Gilang Ramadhan
Penulis: Gilang Ramadhan
Editor: Iswara N Raditya
DarkLight