Lionel Messi Pemain Pertama yang Cetak 400 Gol di Liga Spanyol

Oleh: Beni Jo - 14 Januari 2019
Dibaca Normal 1 menit
Raihan 400 gol Lionel Messi terjadi pada laga Barcelona vs Eibar (14/1/2019) di Stadion Camp Nou. Dia berhasil mencetak gol menit ke-53.
tirto.id - Lionel Messi berhasil mencetak gol menit ke-53 pada laga Barcelona vs Eibar (14/1/2019) di Stadion Camp Nou. Ini merupakan gol ke-400 bagi La Pulga di Liga Spanyol sepanjang kariernya.

Bermain di Camp Nou ketika kedudukan sudah unggul 1-0 atas tamunya, Messi berhasil memberikan umpan kepada Luis Suarez dari tengah lapangan. Kemudian bola tersebut diberikan kepada Coutinho. Gelandang asal Brasil itu lalu mengumpan balik kepada Suarez yang ada di dalam kotak penalti.

Dari pemain asal Uruguay inilah bola diumpan kembali kepada Messi yang secara tiba-tiba sudah berada di dalam kotak penalti Eibar. Dengan kaki kiri, La Pulga berhasil menceploskan bola ke gawang tim tamu dan merubah kedudukan menjadi 2-0 yang pada akhirnya berkesudahan 3-0 untuk Barca.

Raihan ini adalah catatan gol yang ke-400 bagi penyerang asal Argentina selama membela Barcelona sejak dia memulai debut pada musim 2004/2005. Dilansir dari Soccerway pada Senin (14/1), Messi menjadi pemain pertama yang mampu mencapai 400 gol di La Liga.

Pemain yang memulai karier dari Akademi La Masia sejak masih usia belia itu kini tercatat sebagai pemain kedua yang berhasil menciptakan 400 gol di lima liga top Eropa, yaitu Liga Spanyol, Liga Italia, Liga Perancis, Liga Inggris, dan Liga Jerman.

Pemain pertama, yaitu Cristiano Ronaldo yang sejauh ini sudah mengoleksi 409 gol. Menurut La Republica, Lionel Messi membutuhkan 63 pertandingan lebih sedikit dari pemain asal Portugal itu untuk mencapai perolehan gol tersebut.

Meskipun dalam rekor masih di bawah dari Ronaldo, Messi adalah pemain pertama dari lima liga-liga top di Eropa yang mencapai 400 gol untuk satu klub yang sama, yaitu Barcelona. Seperti diketahui, sejak menjadi pemain profesioanal hingga kini, La Pulga belum pernah sekalipun pindah klub. Dalam mencapai angka tersebut, dia membutuhkan sejumlah 435 pertandingan bersama tim asal Catalunya itu.

Selain itu, catatan gol Messi ini lebih banyak dari jumlah yang dicetak oleh 29 klub dalam sejarah perjalanan Liga Spanyol. Musim terbaik baginya dalam hal urusan membobol gawang lawan adalah pada kampanye musim 2011/2012 ketika ia mencetak 50 gol dalam satu musim Liga Spanyol.

Dari 400 gol yang dicetaknya, pemilik jersey nomor 10 itu telah 31 kali melakukan hattrick yang dihasilkan dari 27 kali mencetak tiga gol dalam satu laga dan menciptakan empat gol dalam satu pertandingan. Namun rekor hattrick-nya masih tercatat di bawah dari Ronaldo yang berhasil menciptakan 34 kali hattrick.

Klub yang paling banyak dibobol oleh Messi di La Liga yaitu Sevilla yang terkoyak sebanyak 25 kali dalam 24 pertandingan akibat lesakan golnya. Dengan jumlah laga yang sama, La Pulga juga telah menceploskan 18 gol ke gawang dari Real Madrid.

Dalam data Whoscored pada laga Barcelona vs Eibar, Messi melepaskan dua kali tembakan ke arah gawang dari Asier Riesgo dengan keberhasilan akurasi umpan mencapai 81%. Pemain berusia 31 tahun ini mendapatkan rating sebesar 8,04.



Baca juga artikel terkait LIGA SPANYOL atau tulisan menarik lainnya Beni Jo
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Beni Jo
Editor: Beni Jo
Kontributor: Beni Jo