tirto.id - Seleksi akademik (Pre-test) Pendidikan Profasi Guru (PPG) PAI Kemenag bakal digelar pada 12, 14 dan 15 Mei 2022 menggunakan sistem berbasis domisili.
Dikutip dari website Kemenag, hingga hari terakhir aktivasi pada 25 April 2022, tercatat sebanyak 89.433 orang yang telah melakukan aktivasi. Sedangkan 41.897 orang belum melakukan aktivasi. Aktivasi adalah syarat untuk mengikuti pre-test PPG PAI 2022.
Daftar peserta seleksi akademik atau pre-test) PPG PAI 2022, dapat dilihat pada Akun SIAGA tanggal 30 April 2022. Bagi Anda yang dinyatakan peserta pre-test, maka berikut spesifikasi laptop dan internet yang harus disiapkan.
Laptop:
- Memiliki layar minimal 10”;
- Menggunakan minimal Sistem Operasi Windows 8 32 bit atau MacOS versi 10;
- Memiliki minimal 2GB RAM;
- Memiliki minimal 10 GB Storage;
- Dilengkapi audio yang berfungsi dengan baik;
- Memiliki baterai yang dalam keadaan berfungsi dengan baik (bisa disiapkancharger).
Handphone yang sudah terpasang aplikasi Whatsapp (WA) dan zoom. Nama pada aplikasi zoom harus sesuai dengan nama lengkap peserta. Koneksi internet stabil dan kuota internet minimal sebesar 10GB.
Berikut link panduan seleksi akademik, cara instal aplikasi PPG hingga cara menggunakan aplikasi PPG:
Link Panduan Seleksi Akademik.Pdf
Link Panduan Instalasi Aplikasi PPG Kemenag 2022
Link Aplikasi PPG untuk MacBook
Link Aplikasi PPG untuk Windows
Link Mulai Seleksi PPG Kemenag 2022
Link Panduan Penggunaan Aplikasi Seleksi.Pdf
Sebelum mengikuti pre-test PPG Kemenag 2022, peserta harus sudah memasang program/aplikasi Safe exam browser (SEB) dan filekonfigurasi SEB ke dalam laptop. Peserta yang belum memasang program/aplikasi ujianakan dibatalkan ujiannya pada sesi tersebut.
Peserta harus masuk di ruang zoom paling lambat 45 menit sebelum pelaksanaan ujian. Peserta juga harus mengikuti ujian sesuai jadwal dan waktu yang sudah ditentukan.
Peserta harus berpakaian sopan dan rapi atau tidak menggunakan kaos dan mengerjakan ujian di dalam ruangan yang tenang, nyaman, dan dengan pencahayaan cukup tanpa ada orang lain.
Jarak peserta kurang lebih dua meter dari kamera zoom di HP. Posisi HP berada di samping depan kanan atau kiri. Di atas meja hanya diperbolehkan ada laptop, botol/gelas air minum transparan, obat-obatan pribadi (bagi peserta yang sedang sakit), kertas kosong, dan satu alat tulis. Laptop bersih dari kabel lain (kecuali kabel charger).
Peserta harus mengikuti dan menaati pengawas dalam proses verifikasi dan selama pelaksanaan ujian. Proses verifikasi data, ruang, dan kepengawasan dilakukan denganmenggunakan aplikasi zoom.
Apabila pada saat pelaksanaan ujian, tampilan peserta di aplikasi zoom tidak sesuai petunjuk dan/atau aplikasi zoom peserta mengalami masalah sehingga video tidak tampil diaplikasi pengawas, proses ujian dari peserta tersebut akan dihentikan untuk sementara waktu (pengawas klik stop begitu zoom peserta terhenti).
Peserta akan diizinkan untuk melanjutkan ujian setelah kendala tersebut teratasi dalam waktu maksimal sepuluh menit. Apabila peserta tetap tidak bisa menampilkan videonya dalam batas waktu yang ditetapkan, maka ujian dihentikan dan dinyatakan tidak lulus.
Editor: Iswara N Raditya