tirto.id - Badan Kepegawaian Negara (BKN) saat ini telah merilis buku panduan atau petunjuk teknis terkait dengan pendaftaran Sekolah Kedinasan 2023 yang memuat berbagai informasi mulai dari registrasi, login akun hingga mencetak kartu peserta.
Melansir dari laman dikdin.bkn.go.id, pengumuman terkait dengan pendaftaran Sekolah Kedinasan telah dimulai sejak tanggal 27 Maret 2023. Dari pengumuman tersebut disampaikan bahwa pendaftaran Sekolah Kedinasan tahun 2023 sudah dibuka pada tanggal 1 April 2023 tepatnya pukul 14.23 WIB dan akan ditutup tanggal 30 April 2023 pukul 23.59 WIB.
Pendaftaran Sekolah Kedinasan untuk tahun 2023 kembali dilaksanakan secara online dengan cara mengakses website dari Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara - Badan Kepegawaian Negara (SSCASN)-BKN.
Yang dimaksud dengan Sekolah Kedinasan itu sendiri adalah perguruan tinggi kedinasan yang memiliki ikatan dengan lembaga pemerintah sebagai penyelenggara pendidikan. Oleh karena itu, bagi masyarakat yang berminat untuk menjadi aparatur sipil negara melalui Sekolah Kedinasan dapat segera mendaftarkan diri.
Abdullah Azwar Anas (Menteri PANRB) juga menyampaikan bahwa masyarakat harus mempersiapkan diri dan kelengkapan dokumen untuk mengikuti seleksi ini. Selain itu, para pelamar juga dihimbau untuk selalu mencari informasi terbaru melalui website resmi dari masing-masing instansi terkait.
Sebelum mendaftarkan diri pada Sekolah Kedinasan 2023, para peserta sebaiknya memahami dan mempersiapkan terlebih dahulu segala persyaratan dan alur pendaftarannya. Untuk itu, para peserta dapat mengakses buku panduan atau petunjuk teknis pendaftaran Sekolah Kedinasan 2023 dari BKN yang dapat didownload melalui link berikut:
Link Download Panduan Daftar Sekolah Kedinasan 2023
Jumlah Formasi Pendaftaran Sekolah Kedinasan 2023
Pemerintah telah secara resmi membuka penerimaan calon taruna, praja, dan mahasiswa untuk jalur Sekolah Kedinasan. Menurut Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Abdullah Azwar Anas untuk sementara terdapat 4.138 kebutuhan formasi di Sekolah Kedinasan pada 7 (tujuh) instansi yang menaungi Sekolah Kedinasan.
Akan tetapi, selain 7 instansi tersebut masih ada Sekolah Kedinasan lain yang sedang dikaji bersama dengan kementerian terkait. Berikut ini rincian dari nama Sekolah Kedinasan 2023 beserta formasi yang dibutuhkan di tahun ini:
1. Poltekip dan Poltekim (Kementerian Hukum dan HAM) 525 kuota;
2. Politeknik Statistika STIS (BPS) 500 kuota;
3. Politeknik Siber dan Sandi Negara (BSSN) 125 kuota;
4. STIN (BIN) 400 kuota;
5. PKN STAN (Kementerian Keuangan) 1.100 kuota;
6. Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) 80 kuota;
7. 22 Sekolah Perhubungan (Kementerian Perhubungan) 1.408 kuota.
Syarat Dokumen Sekolah Kedinasan 2023
Sebelum melakukan pendaftaran di Sekolah Kedinasan, para peserta harus mempersiapkan terlebih dahulu beberapa dokumen persyaratan yang diperlukan sebagai berikut:
1. Kartu Keluarga (KK);
2. Kartu Tanda Penduduk (KTP);
3. Ijazah4. Rapor SMA / Sederajat;
5. Pas Foto;
6. Dokumen lain sesuai dengan ketentuan instansi yang akan dilamar.
Dalam proses mengunggah dokumen tersebut, pastikan ukuran dan jenis file yang akan diupload tidak melebihi batas masing-masing dokumen yang dipersyaratkan di SSCASN Sekolah Kedinasan 2023. Sebab jika file tersebut melebihi batas, maka secara otomatis file atau dokumen yang diupload tersebut akan ditolak.
Alur Pendaftaran Sekolah Kedinasan 2023
Melansir dari buku panduan atau buku petunjuk pendaftaran Sekolah Kedinasan, alur pendaftaran untuk Sekolah Kedinasan 2023 yaitu sebagai berikut:
1. Akses Portal
Pelamar mengakses portal Sekolah Kedinasan di https://dikdin.bkn.go.id.
2. Buat Akun
Buat akun SSCASN Sekolah Kedinasan dengan NIK yang tervalidasi oleh DUKCAPIL, kemudian cetak Kartu Informasi Akun.
3. Login
Login ke SSCASN Sekolah Kedinasan menggunakan NIK dan password yang telah didaftarkan.
4. Pendaftaran
Unggah swafoto, pilih sekolah, lengkapi nilai, upload berkas, dan lengkapi biodata.
5. Cek Resume
Cek resume dan cetak kartu pendaftaran.
6. Verifikasi
Verifikator instansi akan memverifikasi data dan berkas pelamar.
7. Cek Status Kelulusan
Login ke SSCASN Sekolah Kedinasan dan cek status kelulusan administrasi.
8. Pembayaran
Pelamar yang lulus akan mendapatkan kode billing, cek informasi pembayaran di masing-masing Sekolah Kedinasan.
9. Cetak Kartu Ujian
Cetak kartu ujian di SSCASN Sekolah Kedinasan jika pembayaran telah dikonfirmasi oleh sistem.
10. Ujian Seleksi
Pelamar yang lulus akan mendapatkan kode billing, cek informasi pembayaran di masing-masing Sekolah Kedinasan.
11. Pengumuman Hasil Seleksi
Pengumuman hasil seleksi akan diumumkan oleh panitia seleksi Sekolah Kedinasan di SSCASN.
Penulis: Ririn Margiyanti
Editor: Yantina Debora