Link Download Logo HUT RI Ke-77 JPG & Apa Makna Logo HUT RI Ke-77?

Penulis: Nur Hidayah Perwitasari, tirto.id - 29 Jul 2022 10:04 WIB
Dibaca Normal 2 menit
Makna logo HUT RI Ke-77 dan link download logo HUT RI Ke-77 untuk 17 Agustus 2022 versi JPG.
tirto.id - Logo Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-77 secara resmi telah dirilis dan bisa diakses melalui laman resmi Kementerian Sekretaris Negara di www.setneg.go.id mulai 12 Juli 2022 lalu.

Menteri Sekretaris Negara selaku Ketua Panitia Negara Perayaan Hari-hari dan Penerimaan Kepala Negara/Pimpinan Asing/Pimpinan Organisasi Internasional, Pratikno dalam Surat Edaran (SE) Menteri Sekretaris Negara tentang Penyampaian Tema, Logo dan Partisipasi Menyemarakkan Peringatan HUT Ke-77 Kemerdekaan RI Tahun 2022 mengatakan agar logo HUT RI Ke-77 ini dapat diimplementasikan secara maksimal.

"Mengimplementasikan secara maksimal logo dan desain turunan HUT Ke-77 Kemerdekaan RI Tahun 2022 ke dalam berbagai bentuk media, antara lain desain/tampilan situs/media sosial, tayangan pada media televisi dan daring, dekorasi bangunan, dekorasi kendaraan/alat transportasi umum dan dinas, produk/souvenir, media publikasi cetak, elektronik, dan lain-lain, sesuai dengan kapasitas dan kemampuan masing-masing," isi SE tersebut yang ditujukan kepada Pimpinan Lembaga Negara, Manteri Kabinet Indonesia Maju, Gubernur Bank Indonesia hingga Gubernur dan Bupati di seluruh Indonesia.


Dilansir dari Pedoman Identitas Visual 77 Tahun Kemerdekaan Indonesia, logo HUT RI ke-77 ini didesain dengan dua jenis. Jenis pertama yaitu tulisan PULIH LEBIH CEPAT, BANGKIT LEBIH KUAT di samping angka 77. Kemudian jenis kedua, tulisan PULIH LEBIH CEPAT, BANGKIT LEBIH KUAT di bawah angka 77.

Logo ini memiliki karakter visual yang mencerminkan rasa optimis dari bangsa yang dinamis, bersinergi, tegas, dan lugas dalam menghadapi tantangan global.

Makna logo HUT RI Ke-77


Sementara itu, angka 77 pada logo HUT RI ke-77 kali ini juga memiliki makna atau filosofi tersendiri, yaitu,

Logo HUT RI 77
Filosofi Logo HUT RI 77. foto/Kemendikbud


1. Dua Panah ke Atas (percepatan dan pergerakan)

Bentuk angka 77 menyerupai dua panah ke atas melambangkan gerak percepatan dalam memperbaiki kondisi Indonesia untuk pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat.

Logo ini terinspirasi dari dua orang berlari dan dua anak panah yang mengarah ke atas untuk melambangkan gerak percepatan dalam memperbaiki kondisi Indonesia untuk pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat.

2. Dua Anak Tangga (progres dan pembangunan)

Dua garis mendatar membentuk tangga yang mengarah ke atas melambangkan progress dan pembangunan segala sektor di Indonesia.

Logo ini terinspirasi dari tumpukan batu bata membentuk tangga yang mengarah ke atas untuk melambangkan progres dan pembangunan segala sektor di Indonesia.

3. Bagian Atas Terpotong (demokrasi dan keterbukaan)

Bagian atas terpotong melambangkan keterbukaan bangsa Indonesia dalam perannya di tingkat global untuk bergerak secara bebas aktif bersama dalam pemulihan kondisi dunia.

Logo ini terinpirasi oleh Burung Garuda yang mengepakkan sayap keterbukaan melambangkan bangsa Indonesia dalam perannya di tingkat global untuk bergerak secara bebas aktif bersama dalam pemulihan kondisi dunia.

4. Garis Miring dan Sudut Runcing (semangat juara dan garuda Pancasila)

Garis miring dan sudut runcing, yang terinspirasi dari bambu runcing dan kepala Garuda Pancasila, melambangkan semangat pejuang untuk bangkit lebih kuat dan tangguh.

Logo ini tersinspirasi oleh bentuk bambu runcing dan figur burung garuda untuk melambangkan semangat pejuang untuk bangkit lebih kuat dan tangguh.

5. Dua Garis Melengkung (sinergi dan harapan)

Dua garis melengkung melambangkan sinergi pemerintah dan masyarakat dalam bergotong royong dan bergerak berdampingan secara fleksibel dan dinamis menuju satu arah, menuju Indonesia Maju.

Logo ini terinspirasi dari dua figur yang berjalan bersama membawa bendera untuk melambangkan sinergi pemerintah dan masyarakat dalam bergotong royong dan bergerak berdampingan secara fleksibel dan dinamis menuju satu arah, menuju Indonesia Maju.

6. Sudut Penghubung (penghubung antar bangsa)

Sudut penghubung melambangkan peran Indonesia pada forum G20 dalam mempersatukan suara negara-negara maju untuk berkontribusi menyelesaikan berbagai isu dan tantangan yang dihadapi dunia.

Logo ini terinspirasi dari bola dunia dengan garis bersinggungan untuk melambangkan peran Indonesia pada forum G20 dalam mempersatukan suara negara-negara maju untuk berkontribusi menyelesaikan berbagai isu yang dihadapi dunia.

7. Siluet Angka 1 (persatuan Indonesia)

Siluet angka satu melambangkan semangat persatuan Bhinneka Tunggal Ika sebagai semboyan bangsa Indonesia yang besar, kuat, dan bersatu.

Logo ini terinspirasi dari siluet angka 'satu' dalam logo 77 untuk melambangkan semangat persatuan Bhinneka Tunggal Ika sebagai semboyan bangsa Indonesia yang besar, kuat, dan bersatu.

Link download logo HUT RI ke-77 JPG



Berikut link download logo HUT RI ke-77 versi JPG


Baca juga artikel terkait LOGO HUT RI KE-77 atau tulisan menarik lainnya Nur Hidayah Perwitasari
(tirto.id - Sosial Budaya)

Penulis: Nur Hidayah Perwitasari
Editor: Iswara N Raditya

DarkLight