Link Download Buku Saku Tanya Jawab Seputar Vaksinasi COVID-19

Oleh: Ibnu Azis - 11 Juni 2021
Dibaca Normal 2 menit
Buku Saku Tanya Jawab Seputar Vaksinasi COVID-19 berisi rangkuman pertanyaan-pertanyaan tentang vaksinasi COVID-19
tirto.id - Buku Saku Tanya Jawab Seputar Vaksinasi COVID-19 telah dirilis hasil sinergi dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN), serta Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS).

“Buku Saku Tanya Jawab Seputar Vaksinasi COVID-19 berisi rangkuman pertanyaan-pertanyaan tentang vaksinasi COVID-19 yang sering ditanyakan masyarakat,” ujar Plt. Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kemenkes, Maxi Rein Rondonuwu, dalam kata sambutan pada buku tersebut dikutip, Jumat (11/6/2021).

Buku Saku Tanya Jawab Seputar Vaksinasi COVID-19 bisa diperoleh secara daring dalam format digital. Buku ini adalah edisi pertama yang diterbitkan pada bulan Mei 2021, dan dapat diunduh di situs resmi Satgas COVID-19 melalui tautan ini.

“Dengan terjawabnya pertanyaan-pertanyaan umum dari masyarakat menerima vaksinasi bahkan dapat mengajak kerabat yang juga menjadi sasaran untuk menerima vaksinasi COVID-19,” penjelasan Satgas COVID-19 di situs resminya.

Buku setebal 38 halaman ini memaparkan tentang seputar vaksinasi COVID-19 dimulai dari hal-hal dasar, seperti apa itu vaksinasi, apa itu kekebalan kelompok, sasaran vaksinasi, hingga penjelasan soal vaksinasi gotong royong. Buku ini diterbitkan oleh Direktorat Jenderal P2P Kemenkes.

Buku Saku Tanya Jawab Seputar Vaksinasi COVID-19 terdiri dari tujuh bagian, yaitu sebagai berikut:

1. FAQ Seputar Vaksinasi Secara Umum

Dalam bagian ini akan dipaparkan hal-hal seputar vaksinasi secara umum. Misalnya, tentang apa itu vaksin dan vaksinasi, termasuk risiko jika tidak mendapatkan vaksinasi.

2. FAQ Tentang Sasaran dan Pelaksanaan Vaksinasi

Dalam bagian kedua dijelaskan soal sasaran vaksinasi dan tahapan pelaksanaan pemberian vaksin COVID-19 pada masyarakat. Bagian ini juga mengupas tentang siapa saja yang boleh dan tidak boleh diberikan vaksin COVID-19.

3. FAQ Seputar Keamanan, Manfaat, dan Efikasi Vaksin

Bagian ke-4 dari buku ini akan fokus pada tiga hal, yakni soal keamanan, manfaat, dan efikasi vaksin COVID-19. Dikupas pula soal efek samping dari vaksinasi masalah kesehatan serius yang dilaporkan orang usai menerima vaksin.

4. FAQ Tentang Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI)

Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) menjadi topik utama dalam bagian ini. Hal-hal yang dikupas, seperti soal mendasar apa itu KIPI, dan persoalan lainnya setelah menerima vaksin COVID-19, macam reaksi, keluhan, atau efek samping.

5. FAQ Tentang Vaksin dan Logistik

Bagian ini akan mengulas soal vaksin COVID-19 yang digunakan di Indonesia, mulai dari Sinovac hingga Sputnik V. Apakah ada rencana atau kemungkinan Indonesia akan menggunakan vaksin selain yang telah ditetapkan dalam Keputusan Menteri? Pertanyaan ini juga akan dijawab dalam bagian ke-5 buku saku ini.

6. FAQ Tentang Kehalalan Vaksin

Bagian ini akan menjawab pertanyaan seputar kehalalan vaksin. Vaksin COVID-19 apa saja yang telah menerima sertifikasi halal dari MUI? Temukan jawabannya dalam bagian ini.

7. FAQ Tentang Vaksinasi Gotong Royong

Pemerintah memang menggratiskan vaksinasi COVID-19 pada masyarakat. Namun, ada istilah vaksinasi gotong royong yang mungkin agak membingungkan warga. Pertanyaan di seputar masyarakat tentang vaksinasi jenis ini akan terjawab dalam bagian terakhir buku saku vaksinasi.

Pemerintah saat ini sedang menjalankan vaksinasi COVID-19 tahap III sejak awal bulan Juni ini. Khusus untuk wilayah DKI Jakarta, pelaksanaannya sudah dimulai sejak Mei 2021, yang diprioritaskan untuk masyarakat rentan.

Hingga 10 Juni 2021, sebanyak 19.211.433 orang sudah menerima vaksinasi ke-1, sedangkan yang menerima vaksinasi ke-2 sebanyak 11.488.917 orang, seturut data Satgas COVID-19.

Pemerintah sendiri menargetkan 181.554.465 orang Indonesia menerima vaksin COVID-19 yang diberikan dalam empat tahap hingga Maret 2022 mendatang. Dari total target vaksinasi itu, 40.349.049 orang di antaranya menyasar tenaga kesehatan, petugas publik, dan lansia.

Banner BNPB Info Lengkap Seputar Covid19
Banner BNPB. tirto.id/Fuad

Baca juga artikel terkait KAMPANYE COVID-19 atau tulisan menarik lainnya Ibnu Azis
(tirto.id - Kesehatan)

Penulis: Ibnu Azis
Editor: Agung DH
DarkLight