Link Cek Pengumuman Hasil Seleksi CPNS Kemenlu 2021 & Lokasi Ujiann

Oleh: Syamsul Dwi Maarif - 31 Juli 2021
Dibaca Normal 1 menit
Hasil seleksi administrasi CPNS 2021 Kementrian Luar Negeri (Kemenlu) Republik Indonesia akan diumumkan pada tanggal 3-4 Agustus.
tirto.id - Hasil seleksi administrasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) Republik Indonesia akan diumumkan pada tanggal 3-4 Agustus 2021 di laman sscasn.bkn.goid.id.

Pelamar yang akan mengakses pengumuman seleksi administrasi CPNS Kemenlu dapat dilakukan dengan cara melakukan login menggunakan akun SSCASN yang digunakan saat melakukan pendaftaran.

Dikutip dari laman E-Recruitment Kemenlu, pengumuman seleksi administrasi CPNS Kemenlu 2021 juga akan diumumkan di laman resmi seleksi CPNS 2021 milik Kemenlu yaitu https://e-cpns.kemlu.go.id/.

Selain memberikan informasi tentang pengumuman seleksi administrasi, laman tersebut juga memuat beberapa informasi seperti persyaratan sampai formasi yang dibutuhkan pada CPNS Kemenlu 2021.

Pelamar CPNS Kemenlu 2021 diharapkan untuk terus memantau informasi dan pengumuman serta tahapan-tahapan lanjutan lainnya di beberapa media sosial milik Kemenlu.

Panitia Penerimaan CPNS Kemenlu 2021 juga menyiapkan helpdesk dan contact center melalui email dan WhatsApp yang dapat digunakan untuk membantu kelancaran pelaksanaan seleksi.

Sementara, beberapa laman resmi yang dapat digunakan untuk mengecek seleksi administrasi dan mengakses informasi lain mengenai seleksi CPNS Kemenlu 2021 sebagai berikut:

Pelamar CPNS Kemenlu 2021 yang dinyatakan lolos seleksi administrasi dapat melakukan unduh dan cetak kartu ujian serta mengikuti tahapan berikutnya.

Pelamar yang dinyatakan tidak lolos dan akan mengajukan keberatan karena merasa seleksi administrasinya lengkap, dapat melakukan sanggahan pada tanggal 4-6 Agustus 2021. Pengumuman terkait sanggahan yang telah diajukan oleh pelamar akan diinformasikan pada tanggal 15 Agustus 2021.

Kemenlu merupakan kementerian yang bertugas menyelenggarakan urusan pemerintahan pada bidang luar negeri untuk membentuk Presiden menjalankan pemerintahan negeri. Pada tahun 2021, Kemenlu membuka beberapa formasi CPNS untuk para anak bangsa.

Cara Cek Lokasi Tes CPNS Kemenlu 2021


Tahap yang harus dilalui oleh pelamar CPNS Kemenlu 2021 setelah lolos seleksi administrasi adalah ujian Seleksi Kompetensi Dasar (SKD). Pelaksanaan ujian SKD akan dilaksanakan menggunakan Computer Assisted Tes (CAT).

Pelamar yang mengikuti seleksi CPNS Kemenlu 2021 akan mendapatkan tiga ketentuan terkait penentuan lokasi ujian SKD CAT sebagai berikut:

  1. Pelamar dengan lulusan SLTA akan melakukan tes SKD CAT pada lokasi yang sesuai dengan jabatan yang telah dipilih sebelumnya.
  2. Pelamar dengan lulusan non SLTA dapat melakukan pemilihan lokasi tes SKD CAT pada saat mendaftar di laman SSCASN.
  3. Pelamar CPNS Kemenlu 2021 yang tidak mendapatkan lokasi tes SKD CAT, maka akan mendapatkan lokasi sesuai dengan domisili yang tertera pada KTP.

Penetapan lokasi tes SKD CAT untuk semua pelamar CPNS Kemenlu 2021 dapat diakses melalui laman SSCASN. Beberapa langkah yang dapat dilakukan pelamar untuk melihat lokasi tes SKD CAT di laman SSCASN sebagai berikut:
  1. Buka laman SSCASN BKN https://sscasn.bkn.go.id/beranda.
  2. Pelamar dapat melakukan login dengan memasukkan NIK dan password.
  3. Peserta dapat melihat lokasi SKD CAT yang tertera pada resume pendaftaran.

Baca juga artikel terkait CPNS 2021 atau tulisan menarik lainnya Syamsul Dwi Maarif
(tirto.id - Sosial Budaya)

Kontributor: Syamsul Dwi Maarif
Penulis: Syamsul Dwi Maarif
Editor: Maria Ulfa
DarkLight