Link Alternatif Hasil SNMPTN 2018, Jika Situs Resmi Tak Bisa Dibuka

Oleh: Yandri Daniel Damaledo - 17 April 2018
Dibaca Normal 1 menit
Pengumuman hasil SNMPTN 2018 akan dilakukan pada pukul 17.00 WIB. Berikut adalah link alternatif, jika situs resmi tidak bisa dibuka.
tirto.id - Hari ini Selasa (17/4/2018) hasil Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) akan diumumkan serentak mulai pukul 17.00 WIB, melalui situs pengumuman.snmptn.ac.id.

Menjelang pengumuman hasil, biasanya banyak peserta SNMPTN yang mengakses situs tersebut. Hal ini menyebabkan situs resmi menjadi sulit diakses atau link error.

Berikut adalah situs alternatif untuk melihat hasil pengumuman, melalui laman mirror di 12 PTN sebagai berikut:

1. http://snmptn.unsri.ac.id
2. http://snmptn.ui.ac.id
3. http://snmptn.ipb.ac.id
4. http://snmptn.itb.ac.id
5. http://snmptn.undip.ac.id
6. http://snmptn.ugm.ac.id
7. http://snmptn.its.ac.id
8. http://snmptn.unair.ac.id
9. http://snmptn.untan.ac.id
10. http://snmptn.unhas.ac.id
11. http://snmptn.unand.ac.id
12. http://snmptn.unsyiah.ac.id

Peserta yang dinyatakan lolos SNMPTN 2018 wajib melakukan proses verifikasi dokumen peserta dan/atau pendaftaran ulang di PTN masing-masing. Informasi terkait proses ini dapat diakses pada masing-masing website PTN pilihan peserta yang dinyatakan diterima.

"Kami mohon bagi peserta yang lulus seleksi untuk mencermati dan mentaati pengumuman resmi yang dikeluarkan oleh masing-masing PTN, terutama dengan ketentuan persyaratan penerimaan juga jadwal dan tempat jadwal ulang (registrasi) 2018," ujar Sekretaris Panitia SNMPTN 2018, Prof Joni Hermana, di Jakarta, Selasa (17/4/2018) dilansir Antara.


Adapun tahap verifikasi dan daftar ulang peserta lolos SNMPTN 2018 ini dilakukan pada Selasa, 8 Mei. Namun peserta wajib melakukan pencetakan ulang kartu pendaftaran yang dijadwalkan mulai 18 April sampai 8 Mei.

Bagi peserta yang belum diterima seleksi perguruan tinggi negeri lewat SNMPTN 2018, dapat mencoba jalur masuk lain seperti Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

Pendaftaran SBMPTN 2018 diprediksi akan ramai usai hasil SNMPTN 2018 diumumkan. Sebab, sebagian siswa yang mendaftar SNMPTN masih menunggu pengumuman lolos atau tidak, untuk memutuskan mendaftar SBMPTN.

"Paling daftar SBMPTN nanti sih, nunggu pengumuman SNMPTN keluar," kata Farhan, murid di SMAN 5 Yogyakarta.

Siswa kelas 12 IPA ini optimistis akan lolos SNMPTN, sehingga ia juga belum mendaftar untuk SBMPTN. Meski begitu, ia mengaku siap mendaftar SBMPTN jika dinyatakan tidak lolos SNMPTN.

Siswa yang tidak lolos SNMPTN, bisa mendaftar SBMPTN di laman resmi https://pendaftaran.sbmptn.ac.id dengan memilih Menu A untuk mendapatkan KAP, PIN, dan Kode Pembayaran yang berlaku selama 3 x 24 jam. Adapun biaya pendaftaran SBMPTN sebesar Rp200.000.


Baca juga artikel terkait SNMPTN 2018 atau tulisan menarik lainnya Yandri Daniel Damaledo
(tirto.id - Pendidikan)

Reporter: Yandri Daniel Damaledo
Penulis: Yandri Daniel Damaledo
Editor: Yandri Daniel Damaledo