Lima Kudapan Sehat untuk Menambah Energi Saat Bekerja

Oleh: Dipna Videlia Putsanra - 16 September 2018
Dibaca Normal 1 menit
Kurang energi bisa menyebabkan kelelahan dan menurunnya kinerja.
tirto.id - Para pegawai kantoran biasanya mulai merasa letih di sore hari, apalagi setelah melewati serangkaian rapat dan pekerjaan. Untuk meningkatkan energi, mungkin Anda biasanya mengonsumsi minuman manis dingin, keripik kentang, atau camilan lainnya. Namun Anda tahu itu bukan hal yang baik untuk kesehatan Anda.

Berikut ini beberapa kudapan sehat seperti diwartakan Medical Daily, yang bisa jadi pilihan saat Anda mulai kehabisan energi, padahal pekerjaan masih menumpuk.

1. Air lemon dan peppermint
Kadang saat bekerja, kita seperti merasa lapar dan tanpa pikir panjang segera memakan camilan. Padahal kenyataannya rasa lapar itu hanyalah dehidrasi ringan yang bisa hilang dengan mengonsumsi air.

"Air selalu bagus untuk menghidrasi. Kadang-kadang kita keliru mengira dehidrasi ringan sebagau rasa lapar," ujar Ahli Diet Frances Largeman-Roth.

Selain dapat menyebabkan kelelahan, penelitian juga menunjukkan bahwa dehidrasi bisa menyebabkan penurunan kinerja.

"Lemon dan peppermint yang dicampur dengan air akan menambah energi Anda dan memberikan aroma yang membuat Anda kembali semangat bekerja," ujar Largeman-Roth.

2. Sup
Sup, selain mudah dimasak, juga merupakan makanan yang bagus untuk menambah protein lewat kacang-kacangan atau ayam.

"Saya hampir selalu punya sup di dalam kulkas untuk dipanaskan. Sup adalah makanan sehat. Semangkuk sup cukup untuk menambah energi di sore hari menjelang makan malam," ujar penulis buku masak Ellie Krieger.

3. Popcorn
Popcorn yang mengandung 30 kalori per kemasan cocok dijadikan kudapan saat Anda sedang kehabisan energi. Tak hanya kalori, dalam satu kemasan popcorn terdapat sekitar 1 gram protein, 6 gram karbohidrat, dan 1,2 gram serat.

Kandungan serat sangat bagus untuk menjaga gula darah Anda tetap normal. Jika dimakan dalam porsi cukup, popcorn juga memberi asupan vitamin B yang membantu mengkonversi makanan menjadi energi.

4. Sayuran
"Sayuran menjadi pilihan yang tepat untuk menambah energi. Banyak pilihan sayuran yang bisa dijadikan kudapan," ujar Ahli Diet Rebecca Clyde.

Wortel jadi sayuran yang paling banyak dipilih sebagai kudapan. Namun Anda bisa menggantinya dengan ubi, sayuran daun-daunan, dan masih banyak lagi.

Anda juga bisa memakan salad dengan mayonaise untuk memenuhi kebutuhan sayur. "Ketika dimakan dengan mayonaise, sayur akan terasa lebih lezat dan kaya protein, sehingga bisa memuaskan rasa lapar Anda dan membuat Anda bersemangat," tambah Clyde.

5. Almond
Almond menjadi pilihan kudapan sehat, terutama bagi Anda yang sangat memperhatikan berat badan. Menurut Richard Mattes, ahli gizi dari Universitas Purdue, almond mengandung selenium, vitamin E, omega 3, lemak tak jenuh, serta kandungan serat tinggi yang mengeyangkan.

Almond juga mengandung magnesium dan vitamin B yang mampu menambah energi. Anda bisa memakan almond tanpa tambahan apapun di antara makan siang dan makan malam. Bisa juga dimakan saat sarapan dicampur dengan yoghurt.

Baca juga artikel terkait CAMILAN atau tulisan menarik lainnya Dipna Videlia Putsanra
(tirto.id - Kesehatan)


Penulis: Dipna Videlia Putsanra
Editor: Dipna Videlia Putsanra