Bundesliga 2019/2020

Liga Jerman Pekan Ini Tanpa Penonton, Dihentikan Mulai Selasa

Oleh: Wan Faizal - 13 Maret 2020
Dibaca Normal 1 menit
Liga Jerman 2019/2020 tanpa penonton sebelum dihentikan sementara terkait merebaknya virus Corona (Covid-19) di Eropa.
tirto.id - Liga Jerman 2019/2020 akhir pekan ini dipastikan akan tetap bergulir. Namun, laga Bundesliga akan dilangsungkan tanpa penonton sekaligus menjadi pekan terakhir sebelum dihentikan untuk sementara terkait merebaknya virus Corona (Covid-19) di Eropa.

DFL alias Deutsch Fussball Liga menyatakan bahwa pekan ke-26 di Bundesliga 1 pekan ini akan menjadi yang terakhir sebelum liga dihentikan sampai 2 April nanti. Aturan serupa diterapkan pada Bundesliga 2 demi meminimalisir penyebaran Virus Corona.

“Presiden DFL menyelenggarakan diskusi terkait efek Virus Corona kepada Bundesliga 1 dan Bundesliga 2 dalam sesi spesial hari ini. Hasilnya, Presiden menyatakan bahwa pertandingan di kedua liga tersebut akan dihentikan mulai hari Selasa (WIB) mendatang,” demikian rilis resmi dari pihak DFL.

Keputusan ini terbilang yang terbaik bagi semua pihak. Kubu Bayern Munchen yang tengah bersaing ketat memperebutkan gelar juara liga musim ini mengaku bisa menerima keputusan yang dibuat.

“FC Bayern dan dunia sepakbola harus bisa menerima tanggung jawab sosial ini. Kami juga harus bisa memainkan peran untuk mencegah penyebaran Virus Corona,” kata CEO Bayern, Karl-Heinz Rummenigge.

Di dunia sepakbola sendiri sudah ada beberapa sosok yang positif Corona. Dari Liga Inggris ada manajer Arsenal yakni Mikel Arteta serta pemain Chelsea, Callum Hudson-Odoi. Tiga pemain Leicester City dikabarkan menunjukkan gejala Corona. Hal yang sama juga terjadi pada keluarga dari bek Manchester City, Benjamin Mendy.

Di Liga Italia sama saja. Dua pemain Serie-A dinyatakan positif Corona. Keduanya adalah Daniele Rugani, bek Juventus, dan striker Sampdoria yakni Manolo Gabbiadini.


Liga Jerman sendiri malah mendapati pemain mereka terlebih dahulu terkena Corona. Timo Hubers, bek Hannover 96, menjadi pemain profesional pertama di sepakbola Eropa yang dinyatakan positif Corona. Tak lama kemudian Hannover kembali mendapati pemainnya yang positif Covid-19 yakni Jannes Horn.

Atas dua kasus tersebut, pertandingan antara Hannover kontra Dynamo Dresden dalam lanjutan Bundesliga 2 akhir pekan ini terpaksa dibatalkan.

“Pertandingan antara Hannover dan Dynamo Dresden akan dibatalkan oleh DFL dari jadwal semula. Sebelumnya, dua pemain Hannover dinyatakan positif Corona. Oleh karenanya semua pihak disana harus menjalani masa karantina berdasarkan aturan yang ada,” lanjut pihak DFL.

Jadwal Bundesliga 1 Akhir Pekan Ini:

Sabtu, 14 Maret 2020
  • 02.30 WIB: Fortuna Dusseldorf vs Paderborn
  • 21.30 WIB: FC Koln vs Mainz, Borussia Dortmund vs Schalke, RB Leipzig vs Freiburg, Hoffenheim vs Hertha Berlin
Minggu, 15 Maret 2020
  • 00.30 WIB: Union Berlin vs Bayern Munchen
  • 21.30 WIB: Eintracht Frankfurt vs Borussia Monchengladbach
Senin, 16 Maret 2020
  • 00.00 WIB: Augsburg vs Wolfsburg
Selasa, 17 Maret 2020
  • 02.30 WIB: Werder Bremen vs Bayer Leverkusen

Jadwal Bundesliga 2 Pekan Ini:


Sabtu, 14 Maret 2020
  • 00.30 WIB: Arminia Bielefeld vs Osnabruck, SpVgg Greuther Furth vs Hamburg
  • 19.00 WIB: Erzgebirge Aue vs Sandhausen, Karlsruher vs Darmstadt, Jahn Regensburg vs Holsten Kiel, Bochum vs Heidenheim
Minggu, 15 Maret 2020
  • 19.30 WIB: St Pauli vs Nurnberg, Wehen Wiesbaden vs Stuttgart

Baca juga artikel terkait LIGA JERMAN atau tulisan menarik lainnya Wan Faizal
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Wan Faizal
Penulis: Wan Faizal
Editor: Iswara N Raditya
DarkLight