Lebaran 2018: Jumlah Kendaraan dari Bogor ke Sukabumi Membludak

Oleh: Yandri Daniel Damaledo - 16 Juni 2018
Dibaca Normal 1 menit
Pada hari kedua Lebaran atau Sabtu (16/6/2018), jumlah kendaraan dari arah Bogor menuju Sukabumi membludak hingga menyebabkan kemacetan.
tirto.id - Volume kendaraan dari arah Bogor menuju Sukabumi, Jawa Barat membludak pada hari kedua Lebaran 2018 atau H+1. Hal tersebut mengakibatkan arus lalu lintas menjadi tersendat.

"Kepadatan arus lalu lintas ini sudah terjadi sejak pagi, bahkan hingga kini di perbatasan Sukabumi-Bogor tepatnya di Desa Benda, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi sudah terjadi penyendatan arus lalu lintas," kata salah seorang petugas Dinas Perhubungan Kabupaten Bogor Iwan Rustiandi, Sabtu (16/6/2018).

Dari pantauan di lokasi, kepadatan kendaraan yang masuk ke Sukabumi ini sudah tampak dari exit Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) hingga Kecamatan Cicurug. Bahkan antrean panjang kendaraan pun terlihat di Tol Bocimi yang hendak keluar tol.

Tersendatnya arus lalu lintas ini disebabkan oleh volume kendaraan yang melalui jalur utama Ciawi-Cicurug membludak ditambah kendaraan yang keluar dari Tol Bocimi sesi I.

Kemacetan pun terjadi di beberapa titik, khususnya di sekitar objek wisata seperti Taman Angsa, Kecamatan Cicurug dan Cimelati, Kecamatan Cidahu. Belum lagi banyaknya kendaraan yang keluar masuk persimpangan jalan serta pusat perbelanjaan seperti di Pasar Cicurug, Parungkuda hingga Cibadak.

Bahkan, informasi yang diperoleh, ekor antrean kendaraan menuju Sukabumi hingga di Cimande, Kabupaten Bogor. Tersendatnya arus lalu lintas ini pun juga diperburuk dengan adanya angkot dan angkutan umum L-300 yang mengambil jalur lawan arah.

Sementara, untuk arah dari Sukabumi menuju Bogor arus kendaraan relatif ramai lancar hanya di beberapa titik saja terjadi penyendatan arus sehingga laju kendaraan merayap.

"Kendaraan yang masuk ke Sukabumi didominasi wisatawan dan ada juga pemudik yang baru mudik di H+1 lebaran ini," tambahnya.

Iwan mengatakan, untuk antisipasi kemacetan panjang pihaknya bersama anggota kepolisian baik Polres Sukabumi maupun Bogor yang dibantu anggota polsek terdekat berupaya mengurai arus lalu lintas yang terus bertambah.

Sementara, Reni Anggraeni (32) mengatakan dirinya dari Bogor bersama suami dan satu orang anaknya ingin berlibur ke Pantai Palabuhanratu.

Awalnya, untuk menghindari kemacetan, ia memilih menggunakan sepeda motor, tetapi sama saja, baru sampai pintu masuk Sukabumi (Kecamatan Cicurug) sudah macet.


Baca juga artikel terkait LEBARAN 2018 atau tulisan menarik lainnya Yandri Daniel Damaledo
(tirto.id - Sosial Budaya)

Sumber: antara
Penulis: Yandri Daniel Damaledo
Editor: Yandri Daniel Damaledo