Lebaran 2018: Jasa Penitipan Hewan di Jakarta Dibanjiri Pelanggan

Oleh: Yandri Daniel Damaledo - 7 Juni 2018
Jasa penitipan hewan "Meeow House" di Jakarta Pusat kebanjiran pelanggan selama libur Lebaran 2018.
tirto.id - Menjelang libur hari raya Lebaran 2018, jasa penitipan hewan peliharaan, seperti kucing, semakin dicari masyarakat, terutama oleh orang-orang yang akan mudik atau pulang ke kampung halaman dan yang pergi berlibur.

Hal tersebut dilakukan karena, sebagian orang tak ingin hewan peliharaannya terlantar selama ditinggal mudik, sehingga mereka memilih untuk dititipkan.

Salah satu jasa tempat penitipan hewan yang ramai selama libur Lebaran adalah "Meeow House", tempat penitipan kucing yang terletak di jalan Cempaka Putih Barat 14A No.A18, Jakarta Pusat.

Ismawati, pemilik Meeow House mengatakan kepada Tirto, sejauh ini baru ada 3 kucing yang dititipkan, namun hingga seminggu kedepan, penitipan hewan miliknya telah dipesan oleh sebanyak 60 pelanggan.

"Yang baru masuk hari ini 3, tapi sampai seminggu kedepan kita udah di-booked sama 60 orang, kapasitas kita 100," kata Ismawati saat dihubungi via telepon pada Kamis (7/6/2018).

Untuk tarif penitipan, Ismawati mematok harga sebesaar Rp75 ribu per hari dengan fasilitas berupa ruangan ber-ac, makan, minum dan pemeriksaan oleh dokter hewan.

"Kalau hari biasa kita biayanya Rp60 ribu, untuk selama Lebaran kita kasih harga Rp75 ribu, udah ac, dokter, makan dan minum. Tapi itu diluar gromming," kata Ismawati.

Ia mengaku, permintaan jasa penitipan kucing di tempatnya mengalami peningkatan setiap menjelang libur Lebaran dibandingkan hari biasanya.

Isawati mengatakan, tempat penitipan miliknya biasanya akan sangat ramai di H-3 atau H-4 Lebaran. Tahun lalu, ia menerima hingga 130 kucing yang dititipkan, sementara tahun ini ia membatasi hanya 100 saja.

“Biasanya sih H-3 atau H-4 itu yang puncak ramainya, tahun lalu kita terima sampai 130 kucing, tapi tahun ini kita batasi cuma 100 aja,” kata Ismawati.

Baca juga artikel terkait MUDIK LEBARAN 2018 atau tulisan menarik lainnya Yandri Daniel Damaledo
(tirto.id - Gaya Hidup)


Penulis: Yandri Daniel Damaledo
Editor: Yandri Daniel Damaledo