tirto.id - Sepekan menjelang perayaan Hari Gizi Nasional 2024, Ninja Xpress tegaskan komitmen memberi dukungan bagi pelaku UKM di bidang Food & Beverage (F&B) dalam mengirimkan produk makanan bergizi lewat layanan same day delivery. Lewat layanan tersebut, berbagai produk makanan sehat termasuk sayur dan susu murni bisa sampai di tangan konsumen dalam kondisi segar, di samping pengirimannya cepat dan ongkos kirimnya kompetitif.
Hal di atas disampaikan Head of PR Ninja Xpress Ribka Pratiwi pada gelaran media gathering dan diskusi dengan para pelaku bisnis F&B di Ninja Studio, Jakarta Selatan, Selasa siang (16/1/2024).
“Menurut riset Herbalife Nutrition, 92% konsumen di Indonesia mengatakan bahwa pasca pandemi Covid-19, mereka mulai mengkonsumsi makanan yang lebih sehat atau bergizi. Dalam membangun ketahanan gizi nasional, Ninja Xpress ingin memastikan bahwa produk-produk yang dibeli konsumen bisa diterima dalam keadaan fresh, tidak busuk atau kadaluarsa,” ungkap Ribka.
Pernyataan Ribka diamini Manajer Greenville Farm Bobby Agus. Sebagai penyedia sayuran segar, Bobby mengakui layanan same day delivery tak hanya membantu Greenville Farm menjangkau konsumen-konsumen di Jakarta, tapi juga di daerah lain seperti Bogor dan Cikarang.
Greenville Farm sendiri terbilang perusahaan anyar. Ia lahir pada masa pandemi dari sebuah Sport Center di bilangan Tanjung Duren, Jakarta Barat. Lantaran operasional ditutup sedangkan puluhan karyawan tetap butuh pemasukan, pengelola Sport Center pun menyulap satu petak lapangan tenis menjadi area tanam sayuran hidroponik.
“Di awal, kami melakukan test case dengan mengirimkan sayuran menggunakan Ninja Xpress ke beberapa teman di luar Jakarta untuk menguji apakah sayuran yang kami produksi bisa diterima dalam kondisi segar atau tidak. Ternyata bisa. Mereka bilang sayurannya masih oke,” ungkap Bobby.
Bagi Greenville, kesegaran sayuran adalah harga mati. Mereka tidak memiliki gudang ataupun storage sehingga berbagai sayuran yang dipetik dalam sehari mesti dikirimkan kepada konsumen pada hari itu juga. Belakangan, Greenville mengubah pendekatan bertanamnya dari hidroponik menjadi akuaponik. Nutrisi tanaman yang mulanya didapat dari air kini bersumber dari kotoran ikan. Permintaan pun kian meningkat. Bukan hanya dari perorangan, tapi juga datang dari pihak hotel dan restoran.
“Kurir Ninja Xpress sudah paham, pengiriman kami pada hari Senin, Rabu, dan Jumat biasanya lebih banyak dibandingkan hari-hari yang lainnya,” sambung Bobby.
Aldila Hisyam Hasanudin, pemilik Pemilik Kedai Susu Segar Sarjana, juga mengungkapkan hal yang sama. Keberadaan layanan same day delivery dari Ninja Xpress membuat berbagai nutrisi pada produknya tetap bisa dinikmati seluruh konsumen yang kesulitas mengakses outletnya.
“Kami beroperasi di Bogor dan paling jauh pernah dapat konsumen dari kawasan pesisir Karawang,” ungkap Aldi, sapaan Aldila.
Aldi menyampaikan, dalam memproduksi susu, kecepatan adalah kunci. Pengiriman dari peternak ke dapur olahan tak boleh lebih dari 4 jam setelah susu diperah. Aldi juga menyebut teknik pasteurisasi sebagai salah satu keunggulan Kedai Susu Segar Sarjana. Dengan teknik ini, protein masih terjaga dan bakteri baik tidak ikut mati sebab susu hanya dipanaskan di kisaran 60-80 derajat Celcius. Semakin cepat susu dikonsumsi, konsumen akan mendapatkan kualitas terbaik susu sapi.
Akibat pandemi, Kedai Susu Segar Sarjana tutup outlet. Tingginya minat belanja daring masyarakat Indonesia ditambah adanya layanan pengiriman seperti Ninja Xpress terbukti membuat Aldi tetap bisa menjalankan bisnisnya.
Sedangkan Rian Arga Putra, penyedia madu sehat dan alami di bawah bendera Herpil Official, menyebut akan memulai inovasi dengan Ninja Xpress melalui program kirim madu langsung dari peternak. Hal ini, sambung Rian, ia lakukan juga demi meyakinkan para konsumen bahwa produk yang ia tawarkan benar-benar madu murni tanpa campuran apa pun.
“Herpil menjaga kualitas madu sampai dengan ke soal kemasan. Kemasan yang kami gunakan sudah tersertifikasi halal, dan terstandarisasi BPA Free. Ke depan, dengan program kirim langsung dari peternak, kami berharap konsumen tidak ragu-ragu lagi konsumsi madu,” ungkap Rian.
Hari Gizi Nasional diperingati tiap tanggal 25 Januari. Dalam beberapa tahun terakhir, seiring meningkatnya kesadaran masyarakat akan pentingnya makanan sehat dan bergizi, bisnis pengiriman makanan juga mengalami pertumbuhan yang signifikan secara global.
Temuan Statista pada Desember 2023 memproyeksikan, pendapatan global dari bisnis pengiriman makanan diperkirakan mencapai lebih dari USD20 miliar pada tahun 2025, dengan proyeksi meningkat menjadi USD25 miliar pada tahun 2027. Pertumbuhan ini mencapai lebih dari 19% per tahun sejak tahun 2020.
Chief Marketing Officer (CMO) Ninja Xpress Andi Djoewarsa mengatakan, sebagai perusahaan logistik, Ninja Xpress tidak hanya fokus mendukung para pelaku UKM agar barang yang mereka kirim sampai di tujuan, tapi tapi juga punya kepedulian yang tinggi terhadap terpenuhinya gizi seimbang bagi masyarakat Indonesia. Layanan same day delivery diluncurkan salah satunya adalah untuk memenuhi kepedulian itu.
Saat ini, Service Level Agreement (SLA) Ninja Xpress ada di angka 98%. Andi dan tim Ninja Xpress berupaya menjaga performa tersebut agar para konsumen tetap dapat menikmati berbagai produk makanan bergizi, tanpa perlu merasa berat di ongkos.
“Jika dibandingkan dengan platform pengiriman yang mengukur biaya pengiriman berdasarkan jarak kilometer, layanan same day delivery Ninja Xpress dapat mendukung pengiriman makanan dalam waktu satu hari dengan harga yang lebih terjangkau,” pungkas Andi. []
(INFO KINI)
Penulis: Tim Media Servis