Lawan Timnas U-19 Indonesia di 8 Besar Piala AFC U-19 adalah Jepang

Oleh: Herdanang Ahmad Fauzan - 24 Oktober 2018
Timnas U-19 Indonesia lolos ke 8 besar Piala AFC U-19 2018 dan akan menantang Jepang di fase tersebut.
tirto.id - Timnas U-19 Indonesia sukses memastikan satu tiket untuk tampil di babak 8 besar Piala AFC U-19 2018. Kepastian ini terjadi setelah skuat asuhan Indra Sjafri menang tipis atas Uni Emirat Arab di laga pamungkas Grup A, Rabu (24/10/2018) malam.

Bertempat di Stadion Utama Gelora Bung Karno, duel Indonesia vs UEA berakhir dengan skor tipis 1-0. Gol tunggal yang memastikan kemenangan Indonesia pada pertandingan ini dicetak Witan Sulaeman.


Indonesia sendiri finis dengan predikat runner-up Grup A setelah mencatatkan enam poin dari tiga laga. Berdasarkan regulasi AFC U-19 yang mengurutkan klasemen berdasarkan head to head serta selisih gol antara tim dengan head to head sama, Indonesia bertengger tepat di belakang Qatar selaku pemuncak grup.

Meski lolos, beban tak kalah berat bakal diemban skuat asuhan Indra Sjafri. Pasalnya, kepastian tampil sebagai runner-up Grup A membuat Garuda Nusantara dipastikan bakal menantang juara Grup B.

Persaingan Grup B memang belum usai. Namun, berdasarkan penghitungan klasemen, Jepang sudah dipastikan tampil sebagai juara grup. Samurai Biru menorehkan enam poin, unggul tiga angka atas Korea Utara yang menempel di urutan kedua. Dengan asumsi satu laga sisa, meski Korut mampu menyamai torehan poin Jepang, mereka tak akan berhak mengkudeta Samurai Biru. Pasalnya head to head sudah mutlak mengunggulkan Jepang atas Korea Utara.

Duel Jepang vs Korut sudah berlangsung pada Jumat (19/10/2018) lalu. Saat itu, Jepang menang telak dengan skor 5-2.

Jika tak ada perubahan, laga Timnas U-19 Indonesia vs Jepang bakal dihelat pada Minggu (28/10/2018) mendatang. Duel akan dilangsungkan di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta pada pukul 19.30 WIB.

Baca juga artikel terkait PIALA AFC U-19 2018 atau tulisan menarik lainnya Herdanang Ahmad Fauzan
(tirto.id - Olahraga)

Penulis: Herdanang Ahmad Fauzan
Editor: Herdanang Ahmad Fauzan
DarkLight