STOP PRESS! Masyarakat Diminta Waspadai Ransomware Petya

Lawan PS TNI, Persib Terancam Bermain Tanpa Essien dan Cole

Lawan PS TNI, Persib Terancam Bermain Tanpa Essien dan Cole
Carlton Cole (kanan) berfoto bersama Manajer Persib Umuh Muhtar (kiri) usai memberikan keterangan kepada media, Bandung, Jawa Barat, Kamis (30/3). Mantan penyerang Chelsea dan West Ham United Carlton Cole yang berumur 33 tahun resmi bergabung dengan tim Persib dengan nomor punggung 12. ANTARA FOTO/Agus Bebeng.
Reporter: Agung DH
18 April, 2017 dibaca normal 1:30 menit
Persoalan KITAS Essien dan Cole menghambat Persib. Dua pemain asing ini dilarang bermain jika belum kantongi surat itu.
tirto.id - Persib Bandung terancam bermain tanpa dua mega bintang mereka Michael Essien dan Carlton Cole saat bertandang ke markas PS TNI di Stadion Pakansari, Sabtu (22/4). Keduanya terkendala bermain karena belum mengantongi Kartu Izin Tinggal Terbatas (KITAS).

Lantaran persoalan itu, Kantor Imigrasi Bandung wanti-wanti kepada Persib untuk tidak menurunkan Essien dan Cole sebelum masalah KITAS tuntas.

"Kami sudah minta Persib untuk mengurus KITAS dulu, kalau belum selesai tidak boleh bermain," kata Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Bandung Maulia Purnamawati di Bandung, Selasa (18/4/2017).

Sebelum mengurus KITAS, kata Maulina, PT Persib Bandung Bermartabat (PT PBB) harus surat rekomendasi Izin Mempekerjakan Tenaga Asing (IMTA) dari Kementerian Ketenagakerjaan terhadap dua pemain yang pernah merumput di Liga Inggris itu.

"Setelah IMTA terbit, pihak PT PBB harus segera mengurus KITAS," kata dia.

Maulina menyatakan Essien dan Cole baru mengantongi surat kunjungan sementara yang tidak bisa digunakan untuk bekerja di Indonesia yang berlaku selama 60 hari.

"Untuk itu, pihak Persib memerlukan KITAS untuk mempekerjakan kedua pemain tersebut. Tapi berdasarkan penjelasan mereka sudah mengajukan IMTA ke Kemenaker tapi belum terbit. Jadi kami masih tunggu (IMTA) untuk penerbitan KITAS," kata dia.

Berdasarkan peraturan Menteri Hukum dan Ham Nomor 43 Tahun 2015 tentang prosedur teknis alih status izin tinggal kunjungan menjadi izin tinggal terbatas membutuhkan waktu 11 hari.

"Prosesnya dalam jangka waktu 11 hari sesuai peraturan menteri itu sudah dapat diselesaikan sepanjang persyaratannya sudah dilengkapi oleh PT PBB," kata dia.

Pihaknya pun akan segera mengambil tindakan dengan melayangkan surat peringatan kepada PT PBB untuk tidak memainkan dua mega bintangnya sebelum KITAS diperoleh.

"PT PBB selaku penjamin untuk tidak memainkan pemain asing yang belum mendapatkan izin bekerja dan izin tinggal terbatas," ujar Maulina.

Di kesempatan berbeda, Sekjen Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI) Heru Nugroho menyatakan ada 25 pemain asing dari 11 klub dalam Liga 1 2017 belum mengantongi KITAS meskipun Liga 1 2017 sudah bergulir sejak Sabtu (15/4) kemarin.

Namun, sebagaimana dikabarkan Antara, belum diketahui 25 pemain tersebut sudah termasuk Michael Assien dan Carlton Cole, dua pemain asing di Persib Bandung yang kemarin diketahui baru mengurus KITAS.

Menurut catatan BOPI, sejumlah klub Liga 1 yang belum memenuhi aturan terkait KITAS antara lain Persib Bandung, Arema Malang, Madura United, dan Persela Lamongan.

"Kami sudah menyepakati soal rekomendasi terkait KITAS bersama PT Liga Indonesia Baru dan klub-klub sebelum turnamen dimulai. Rekomendasi itu berupa penundaan untuk menurunkan pemain yang belum punya KITAS," kata Heru Nugroho di Jakarta, Selasa (18/4/2017).

Baca juga artikel terkait PERSIB BANDUNG atau tulisan menarik lainnya Agung DH
(tirto.id - agu/agu)

Keyword