Laurent Koscielny, Solusi Cedera Panjang Rob Holding di Arsenal?

Oleh: Herdanang Ahmad Fauzan - 8 Desember 2018
Dibaca Normal 1 menit
Laurent Koscielny kembali di saat yang tepat lantaran Arsenal baru saja dipastikan kehilangan Rob Holding akibat cedera parah.
tirto.id - Arsenal kehilangan salah satu bek andalan mereka, Rob Holding untuk waktu yang tidak singkat. Eks penggawa Bolton Wanderers itu mengalami cedera parah saat Tim Gudang Peluru menahan imbang Manchester United 2-2 di Old Trafford, Kamis (6/12/2018) dini hari.

Kabar dari rilis terbaru Arsenal pada Jumat (7/12/2018) waktu setempat menyebutkan bahwa Holding terkena cedera lutut dan harus melalui tahap operasi. Untuk itu, sang pemain diperkirakan perlu waktu penyembuhan selama enam hingga sembilan bulan.

"Rob [Holding] akan melakukan operasi beberapa hari lagi dan rehabilitasinya diperkirakan memakan waktu enam sampai sembilan bulan. Semua orang di klub sedang bekerja keras untuk memastikan Rob kembali ke lapangan secepat mungkin," tulis pihak klub di laman resminya.

Cedera Holding jadi ujian tersendiri lantaran Arsenal sedang berada pada puncak performanya. Dalam 20 pertandingan terakhir di semua kompetisi, Meriam London tak tersentuh satu pun kekalahan. Holding jadi bagian penting lantaran musim ini saja ia sudah tampil dalam 15 laga di semua kompetisi.

Namun, guna tetap menjamin terjaganya keseimbangan tim, pelatih Unai Emery tampaknya tidak perlu kelewat pusing. Pasalnya, bersamaan dengan absennya Holding, bek tengah Arsenal lain, Laurent Koscielny baru saja pulih dari cedera.

Sejak mengalami cedera panjang dan bahkan absen di Piala Dunia, Koscielny dinyatakan pulih dua pekan lalu. Ia juga telah coba berpartisipasi dalam dua laga terbaru Arsenal U-23, dan diperkirakan segera kembali bermain untuk skuat utama pada pertengahan Desember ini.

"Dia telah bersama kami setiap sesi latihan, dengan performa baik. Dia juga telah bermain untuk tim U-23 dengan perasaan bagus. Langkah berikutnya, dia akan bersama kami," ujar Emery pada konferensi pers pascalaga MU vs Arsenal.


Emery memproyeksikan Koscielny bakal comeback ke skuat utama saat Arsenal menantang FK Qarabag dalam laga lanjutan Liga Eropa, Jumat (8/12/2018). Ia berharap kehadiran pemain berkebangsaan Perancis itu dapat membuat lini belakang Arsenal tidak saja kehilangan efek akibat absennya Holding, namun juga semakin tangguh.

"Pengalaman, kualitas, kepribadian. Kami butuh semua pemain dan memerlukannya [Koscielny] dalam sesi latihan. Langkah berikutnya adalah di pertandingan kompetitif. Dia bisa bermain dengan kami, dan akan tampil normal," tegas Emery.

Terlepas dari nama Holding dan Koscielny, Arsenal sebenarnya relatif tidak kekurangan stok bek tengah tangguh. Mereka punya nama-nama besar lain, sebut saja Shkodran Mustafi hingga Sokratis Papastathopoulos.

Pada pertandingan terdekat, Pierre-Emerick Aubameyang dan kawan-kawan dijadwalkan menjamu Huddersfield Town dalam lanjutan Liga Inggris di Stadion Emirates, Sabtu (8/11/2018). Saat ini mereka berada di peringkat lima klasemen dengan 31 poin, hasil sembilan kemenangan, empat kali imbang, dan dua kekalahan.

Baca juga artikel terkait LIGA INGGRIS atau tulisan menarik lainnya Herdanang Ahmad Fauzan
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Herdanang Ahmad Fauzan
Editor: Herdanang Ahmad Fauzan
Dari Sejawat
Infografik Instagram