tirto.id - PT Honda Prospect Motor berhasil mencetak penjualan mobil sebanyak 3.550 unit pada ajang Indonesia Internasional Motor Show (IIMS) 2016 yang digelar pada tanggal 7 hingga 17 April, melebihi target yang ditetapkan sebelumnya sejumlah 3.000 unit.
"Kami bersyukur dapat meraih hasil yang sangat positif dari ajang IIMS 2016, terlihat dari antusiasme yang sangat besar dari konsumen terhadap penjualan produk-produk yang baru diluncurkan maupun produk unggulan Honda lainnya," kata Marketing & After Sales Service Director PT Honda Prospect Motor Jonfis Fandy dalam keterangan tertulisnya, Senin, (18/4/2016).
Kontribusi terbesar penjualan Honda datang dari model Crossover terbaru Honda, BR-V. Sementara itu, produk-produk unggulan lain seperti Honda Mobilio, Honda Brio dan Honda HR-V juga mencatat penjualan yang baik.
"Secara khusus, penjualan Honda BR-V dan Honda HR-V yang sangat baik di ajang ini juga sejalan dengan tren penjualan SUV Honda yang terus menunjukkan tren positif di awal tahun 2016 ini," kata Jonfis.
Pada ajang IIMS kali ini, Honda hadir dengan konsep sporty serta menampilkan display 23 unit mobil. Honda juga meluncurkan beberapa produk baru termasuk New Honda Accord, New Honda Brio Satya, New Honda Brio RS dan All New Honda Civic Turbo yang baru saja terpilih sebagai mobil terbaik di IIMS 2016.
Sebelumnya, pada bulan Maret, Honda berhasil meraih pangsa pasar sebesar 77% pada segmen Low SUV di pasar otomotif nasional melalui penjualan Honda BR-V dan Honda HR-V 1.5L.
Di segmen tersebut, Honda BR-V meraih penjualan sebesar 6.089 unit, dengan penjualan total di sepanjang tahun ini sebesar 18.291 unit dan pangsa pasar 48% di kelasnya.
Sementara itu, Honda HR-V 1.5L terjual sebanyak 4.535 unit, dengan total penjualan mencapai 10.980 unit dan pangsa pasar sebesar 29% di kelasnya tahun ini.
Di kelas SUV, HR-V 1.8L terjual 1.499 unit, dengan total penjualan sepanjang tahun sebesar 3.881 unit dan market share 20% di kelasnya. Pada segmen yang sama, Honda CR-V mencatat penjualan 624 unit, dengan total penjualan 2.251 unit dan market share sebesar 11%.
Selain produk-produk SUV Honda, Honda Mobilio juga menyumbang penjualan yang cukup besar pada Maret 2016, yaitu sebesar 5.088 unit, meningkat 33% dari penjualan di bulan sebelumnya. Honda Mobilio telah mencatat total penjualan sebesar 11.817 unit dengan market share 19% di kelas LMPV.
Honda Jazz memberikan kontribusi sebesar 1.205 unit, dengan total penjualan sebesar 3.654 dan pangsa pasar 36% di kelasnya.
Selanjutnya, Honda Brio Satya mencatat penjualan sebesar 918 unit pada Maret 2016, dengan total penjualan sebesar 4.891 unit serta market share sebesar 12 di kelas LCGC.
Di kelas City Car, New Honda Brio masih memimpin dengan penjualan di bulan Maret sebesar 184 unit dan total penjualan sebesar 1.707 unit serta market share sebesar 28%.
Masih pada bulan Maret, pada segmen Mini Sedan, Honda City terjual sebanyak 132 unit pada Maret, sehingga mendapatkan total penjualan sebesar 291 unit dengan market share sebesar 37% di sepanjang 2016.
Sementara itu, Honda CR-Z menjadi market leader di segmen Sport dengan penjualan sebesar 30 unit dan market share sebesar 45%.
Secara total, Honda mencatat penjualan sebesar 20.475 unit pada bulan Maret, dengan total penjualan sebanyak 58.379 unit dan pangsa pasar sebesar 21,8%. (ANT)