Lalu Lintas Jakarta Terpantau Lebih Lancar pada Libur Lebaran 2018

Oleh: Dipna Videlia Putsanra - 11 Juni 2018
Sejumlah jalan yang terpantau relatif lebih lancar dibanding hari biasa, antara lain Jalan Sudirman, Jalan S Parman, dan Jalan MH Thamrin.
tirto.id - Pada hari pertama libur Lebaran, Senin (11/6/2018), kondisi arus lalu lintas pada sejumlah jalan protokol wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya relatif lebih lancar dibandingkan dengan hari-hari biasa.

Saat menaiki kendaraan umum dari Ciputat menuju ke kawasan Jalan Thamrin, Jakarta Pusat, Senin pagi, hanya perlu menempuh waktu sekitar 35 menit, padahal pada hari-hari biasa bisa mencapai hingga sekitar 1,5 jam.

Sejumlah jalan yang terpantau relatif lebih lancar dibanding hari biasa, antara lain adalah Jalan Sudirman, Jalan S Parman, dan Jalan MH Thamrin.

Menurut informasi dari Traffic Management Center (TMC) Polda Metro Jaya, situasi lalu lintas seperti di Kilometer 19 Rest Area arah Cikarang dan Simpang TI Kalimalang Bekasi Cyber Park terpantau ramai lancar.

Demikian pula kondisi lalu lintas Tol Cikampek baik yang dari arah Bandung menuju Jakarta maupun arah sebaliknya terpantau ramai lancar, namun masih ada kepadatan pada sejumlah titik seperti di sekitar Kilometer 14.

Pemerintah telah menetapkan cuti bersama Lebaran 2018 sebanyak tujuh hari kerja, yaitu pada tanggal 11, 12, 13, 14, 18, 19, dan 20 Juni.

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal Kementerian Perhubungan Djoko Sasono menyatakan bahwa puncak arus mudik diperkirakan terjadi pada Sabtu (9/6/2018) malam.


"Tahun ini diprediksi akan ada beberapa puncak arus mudik. Hasil survei, hari Sabtu itu salah satu puncak arus mudik dan juga nanti sekitar 2-3 hari sebelum hari raya juga akan terjadi lonjakan," ujar Djoko Sasono, usai melepas peserta mudik gratis di Monas, Jakarta, Sabtu (9/6/2018).

Sekjen Kemenhub menambahkan cuti bersama yang ditetapkan pemerintah mampu menggeser pilihan waktu keberangkatan mudik bagi masyarakat.

Djoko juga mengatakan Kemenhub telah melakukan antisipasi dengan melakukan berbagai peningkatan dan penambahan sarana maupun prasarana untuk menciptakan mudik yang selamat, aman, dan nyaman.


Baca juga artikel terkait MUDIK LEBARAN 2018 atau tulisan menarik lainnya Dipna Videlia Putsanra
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: antara
Penulis: Dipna Videlia Putsanra
Editor: Dipna Videlia Putsanra