Lagu "Lathi" dari Weird Genius Pecahkan Rekor di Spotify

Oleh: Alexander Haryanto - 30 Juni 2020
“Lathi” berhasil memecahkan rekor di Spotify Indonesia sebagai lagu lokal yang menjuarai tangga lagu Indonesia Top 50 dengan durasi terlama.
tirto.id - Lagu hasil kolaborasi Weird Genius dengan Sara Fajira berjudul “Lathi” berhasil memecahkan rekor di Spotify Indonesia sebagai lagu lokal yang menjuarai tangga lagu Indonesia Top 50 dengan durasi terlama.

Weird Genius merupakan grup musik elektronik dari Jakarta yang terbentuk pada 2016 terdiri dari sejumlah content creator dan influencer kenamaan: Reza Arap, Eka Gustiwana dan Gerald.

Dengan perpaduan eklektik dari genre musik elektronik dan pop, yang ditemani sentuhan musik khas Jawa, “Lathi” telah didengarkan lebih dari 19,8 juta kali di Spotify sampai saat ini.

Bertahan selama enam minggu sejak 10 Mei 2020, pencapaian “Lathi” mengalahkan rekor Hindia dengan lagu hit, “Secukupnya”, yang sebelumnya berada di puncak tangga lagu selama empat pekan pada awal tahun ini.

Data Spotify menunjukkan bahwa popularitas lagu “Lathi” mulai naik sepanjang Maret dan April, yakni saat lagu tersebut masuk dalam sejumlah playlist lokal populer seperti Lantai Dansa dan Top Hits Indonesia. Hingga akhirnya, single “Lathi” berhasil menduduki peringkat jawara di tangga lagu Indonesia Top 50 pada 10 Mei.

Bahkan, lagu “Lathi” berhasil memasuki sejumlah tangga lagu di negara lain, mulai dari Singapura (nomor 1 di Singapore Viral 50 pada Juni 2020), Malaysia (nomor 1 di Malaysia Viral 50 pada Mei 2020), Hong Kong, hingga Taiwan.

Single tersebut bahkan masuk dalam jajaran Global Viral 50 Spotify dan bisa bertahan hingga menduduki peringkat ke-2. Puncaknya, “Lathi” masuk di salah satu playlist global terpanas milik Spotify, Teen Party, yang sampai saat ini memiliki lebih dari 3 juta pengikut di seluruh dunia.














Baca juga artikel terkait LATHI atau tulisan menarik lainnya Alexander Haryanto
(tirto.id - Musik)

Penulis: Alexander Haryanto
Editor: Alexander Haryanto
DarkLight