Lagu BLACKPINK 2020: "How You Like That" hingga "Pretty Savage"

Oleh: Dipna Videlia Putsanra - 14 Januari 2022
Dibaca Normal 1 menit
Daftar lagu BLACKPINK 2020 terangkum dalam THE ALBUM. Terdapat 8 lagu yang 2 di antaranya berkolaborasi dengan penyanyi luar negeri. Berikut daftarnya.
tirto.id - Daftar lagu BLACKPINK yang dirilis tahun 2020 terangkum dalam album penuh perdana mereka bertajuk THE ALBUM. Di antaranya ialah “How You Like That” hingga “Pretty Savage”.

Dirilis pada 2 Oktober 2020, THE ALBUM menyertakan single pra-rilis BLACKPINK berjudul “How You Like That” dan “Ice Cream (feat. Selena Gomez)”. Adapun lagu utama (title track) mereka dari album ini adalah “Lovesick Girls”.

THE ALBUM juga berisi kolaborasi baru, lagu “Bet You Wanna” dengan Cardi B.

Daftar lagu juga menunjukkan, Jennie berpartisipasi dalam produksi “Lovesick Girls”, dengan Jisoo juga berpartisipasi dalam menulis lirik.

“Pada tahun 2020, BLACKPINK akan fokus pada pasar global dengan perencanaan dan eksekusi yang sistematis dan menyeluruh. Proyek global kami lakukan bersama label musik terbesar di dunia Universal Music agar BLACKPINK mengambil lompatan yang lebih besar,” ujar salah satu perwakilan agensi, seperti dikutip Soompi.

Album penuh BLACKPINK menjadi produk akhir dari comeback tiga tahap grup pada 2020. BLACKPINK memulai dengan tahap pertama saat merilis “How You Like That” pada bulan Juni 2020, “Ice Cream (feat. Selena Gomez)” pada Agustus 2020, dan album THE ALBUM.


Lagu BLACKPINK 2020


Berikut ini daftar lagu dalam THE ALBUM BLACKPINK yang dirilis pada tahun 2020:

  1. “How You Like That”
  2. “Ice Cream (feat. Selena Gomez)”
  3. “Pretty Savage”
  4. “Bet You Wanna (feat. Cardi B)”
  5. “Lovesick Girls (title track)”
  6. “Crazy Over You”
  7. “Love To Hate Me”
  8. “You Never Know”

Melalui lagu “How You Like That” yang dirilis pada 26 Juni 2020, BLACKPINK memecahkan tiga rekor sekaligus, saat itu. Dilansir dari laman resmi Guinnes World Record, BLACKPINK memecahkan rekor most viewed YouTube video in 24 hours, most viewed music video on YouTube in 24 hours, dan most viewed YouTube music video in 24 hours by a K-pop group.

Pencapaian lainnya, seperti dikutip dari Korea Herald, THE ALBUM melewati 800.000 pre-order dalam waktu enam hari setelah sesi pemesanan dibuka. Rinciannya, 530.000 kopi di Korea Selatan dan pre-order gabungan dari AS dan Eropa sekitar 270.000 unit.

Lalu, BLACKPINK menjadi grup vokal wanita Korea Selatan yang melewati satu juta pemesanan pre-order pada 2 Oktober 2020. Dari jumlah itu, 670.000 berasal dari Korea Selatan dan 340.000 berasal dari AS dan Eropa.

Selain berkolaborasi dengan penyanyi mancanegara, BLACKPINK juga menggandeng musisi luar negeri dalam proses produksi lagu. Misalnya, Ariana Grande dan Tommy Brown pada “Ice Cream” serta David Guetta untuk lagu “Love Sick Girls”.


Baca juga artikel terkait BLACKPINK atau tulisan menarik lainnya Dipna Videlia Putsanra
(tirto.id - Musik)

Penulis: Dipna Videlia Putsanra
Penyelia: Yantina Debora
DarkLight