Lagi, Forbes Pilih Real Madrid Sebagai Tim Paling Bernilai

Oleh: Akhmad Muawal Hasan - 12 Mei 2016
Majalah Forbes kembali mendaulat Real Madrid sebagai klub sepak bola paling bernilai di dunia.
tirto.id - Majalah Forbes kembali mendaulat Real Madrid sebagai klub sepakbola paling bernilai di dunia. El Real telah mempertahankan rekor tersebut selama 4 tahun berturut-turut. Merujuk hasil jejak pendapat yang diumumkan Forbes pada Rabu (10/5/2016) waktu setempat, klub yang dimiliki oleh Florentino Perez tersebut mampu mengungguli klub-klub besar lain seperti Barcelona, Manchester United, Bayern Munchen, atau Arsenal.

Di dalam daftar versi klub olahraga segala cabang tersebut, Real Madrid hanya kalah dari tim american footbal Dallas Cowboys yang menghuni peringkat satu. Pencapaian Madrid disebabkan karena nilai juara Eropa sebanyak 10 kali tersebut meningkat sebanyak 12 persen menjadi Rp42,4 triliun.

Di urutan kedua ada rival bebuyutan Cristiano Ronaldo dan kawan-kawan di tiap El Clasicco, FC Barcelona, yang ditaksir memiliki nilai sebesar Rp41,3 triliun. Di tempat ketiga ada Manchester United yang memiliki nilai sebesar Rp40,5 triliun, urutan keempat ada Bayern Munchen dengan nilai Rp30,7 triliun, sedangkan di urutan kelima ada Manchester City dengan nilai sebesar Rp18 triliun.

Secara umum, dari 20 besar nama-nama klub yang masuk di daftar Forbes tersebut, tim Inggris berhasil mendominasi dengan mewakilkan hingga delapan klubnya. Sementara itu perwakilan klub dari Italia hanya 4 di mana Juventus menjadi klub Italia paling bernilai dengan menempati posisi kesembilan. Secara keseluruhan, pendapatan 20 klub tersebut meningkat hingga 84 persen dari 5 tahun yang lalu. (ANT)

Baca juga artikel terkait REAL MADRID atau tulisan menarik lainnya Akhmad Muawal Hasan
(tirto.id - Olahraga)

Sumber: Antara
Penulis: Akhmad Muawal Hasan
Editor: Iswara N Raditya
DarkLight