Laga Melawan Timnas Indonesia Jadi Ujian buat Skuat Fiji

Oleh: Herdanang Ahmad Fauzan - 31 Agustus 2017
Dibaca Normal 1 menit
Pelatih Timnas Fiji Christophe Gamel menuturkan jika Indonesia merupakan tim yang bagus. Untuk itu, ia akan belajar dari cara Indonesia bermain.
tirto.id - Timnas Indonesia akan melakoni laga uji coba melawan Fiji di Stadion Patriot Candrabhaga, Sabtu (2/8/2017). Bagi Fiji, lawatan ke Indonesia akan menjadi ujian terhadap kualitas skuat mereka di level internasional.

Pelatih Timnas Fiji Christophe Gamel menuturkan jika Indonesia merupakan tim yang bagus. Untuk itu, ia akan belajar dari cara Indonesia bermain.

“Kami ingin bermain melawan tim yang lebih baik dan melihat sejauh mana kami berada pada level internasional. Kami harus tahu di mana posisi kami, agar dapat belajar,” ujar Gamel seperti dikutip situs resmi Timnas Fiji.

Terhadap skuatnya sendiri, Gamel menekankan agar para pemain tampil dengan bangga dan menunjukkan filosofi sepak bola Fiji. Pelatih asal Perancis itu juga menyampaikan kesulitannya untuk memaksa para pemain bergabung di timnas. Bertabrakannya jadwal main timnas dengan klub membuat banyak pemain awalnya enggan untuk ikut serta pada lawatan ke Indonesia.

“Saya mengalami banyak kesulitaan di kamp latihan, tapi saya tak akan mendapat kesempatan [melawan Indonesia] untuk kali kedua,” imbuh sang pelatih.

Sementara itu, ketua federasi sepak bola Fiji, Mohammed Yusuf menegaskan akan memberi hukuman untuk pemain yang mangkir dari skuat Fiji jelang laga lawan Indonesia. Kedisiplinan memang menjadi salah satu masalah Timnas Fiji saat ini. Banyak pemain yang enggan membela negaranya dan memilih tampil bersama klub masing-masing.

“Kami akan mengambil tindakan tegas terhadap pemain yang meninggalkan tempat persiapan melawan Indonesia tanpa alasan yang jelas,” ungkap Yusuf.

Ketika ditanyai seputar jenis sanksi yang akan diberikan, pria yang sudah memegang jabatan sejak Februari lalu ini tak ragu-ragu mengancam.

“Kami akan melarangnya bermain sepak bola di semua level kompetisi. Kami juga sudah pernah menjatuhkan sanksi ini untuk beberapa pemain sebelumnya,” pungkas Yusuf.

Saat ini Fiji berada di peringkat 181 dunia versi FIFA. Indonesia sendiri memiliki ranking yang sedikit lebih baik, yakni di posisi 175.

Baca juga artikel terkait INDONESIA VS FIJI atau tulisan menarik lainnya Herdanang Ahmad Fauzan
(tirto.id - Olahraga)

Reporter: Herdanang Ahmad Fauzan
Penulis: Herdanang Ahmad Fauzan
Editor: Yuliana Ratnasari