STOP PRESS! Masyarakat Diminta Waspadai Ransomware Petya

Kucing Jadi Lebih Sehat Makan dengan Porsi Kecil

13 Januari, 2017 dibaca normal 1 menit
Kucing Jadi Lebih Sehat Makan dengan Porsi Kecil
Sejumlah kucing peserta saat kontes kucing di salah satu mall kota Palembang. ANTARA FOTO/ Feny Selly.
tirto.id - Kucing diyakini akan memiliki gaya hidup sehat jika diberi makan lima kali sehari dengan porsi kecil daripada dengan porsi besar tapi frekuensi minim, demikian yang dipaparkan oleh para ilmuwan.

Program diet ini menunjukkan bahwa meniru cara kucing makan di alam liar bisa mengubah perilakunya dan membuat kucing lebih bahagia dan sehat.

Sebabnya, hidup di alam liar ini mendorong kucing untuk mendaki, berburu, mengeksplorasi, dan bermain seperti berada di rumahnya sendiri. Aktivitas tersebut disebut para ahli mampu meningkatkan perilaku positif kucing dan kesejahteraannya.

Sebagaimana dikutip dari laman The Independent, para ilmuwan pun mengklaim gaya hidup modern kucing dapat menyebabkan hewan peliharaan tidak terstimulasi secara mental dan makan terlalu banyak.

Maka, perubahan makan ini dapat membantu mengatasi masalah yang ditemui pemilik kucing akibat memberi makan langsung ke mangkuk, ditambah dengan kurangnya kesempatan untuk berinteraksi dengan lingkungan kucing.

Ide program yang dijuliki “Lima Hari Rencana Felix” ini digagas oleh Dr Sarah Ellis dan Dr Lizzie Rowe. Mereka merekomendasikan agar kucing diberli lima kali atau lebih porsi kecil makanan dalam sehari, daripada memberi mereka makan dengan frekuensi lebih sedikit tapi porsi besar.

Mereka juga menyarankan untuk menggunakan alat makan buatan sendiri, mengubah lokasi makanan secara teratur, memantau perilaku dan berat badan, dan memastikan mereka memiliki banyak air.

Sebagai pakar perilaku kucing, Dr Ellis menyebutkan bahwa cara memberi makan kucing pada umumnya tidak sesuai dengan gaya hidup yang dirancang untuk mereka. Kucing telah melalui sedikit cara tertentu dalam perkembangbiakan selama proses penjinakan. Karena itu, kucing memiliki kebutuhan naluriah untuk berburu. .

"Gaya hidup modern ini bisa berbahaya untuk hewan peliharaan. Namun dengan membuat perubahan sederhana dari cara kita memberi mereka makan, kita dapat membantu kucing hidup lebih lama, sehat, dan bahagia,” tutur Dr Ellis.

Dengan begitu, berdasarkan bukti ilmiah, mendorong kucing peliharaan meniru kondisi kucing di alam liar biasanya dilakukan dengan membuat mereka bersaing mendapatkan makanan.

Baca juga artikel terkait HEWAN PELIHARAAN atau tulisan menarik lainnya Yuliana Ratnasari
(tirto.id - rat/rat)

Keyword