STOP PRESS! Status Gunung Agung Naik Menjadi Awas

Kronologi Kecelakaan Beruntun 10 Mobil di Tol Cipularang

Kronologi Kecelakaan Beruntun 10 Mobil di Tol Cipularang
Ilustrasi kecelakaan beruntun. ANTARA FOTO/Arif Firmansyah.
Reporter: Maya Saputri
19 Mei, 2017 dibaca normal 1 menit
Korban jiwa bertambah menjadi empat orang dalam kecelakaan beruntun 10 mobil di jalan Tol Cipularang Kilometer 91, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat pada Kamis (18/5/2017) malam. Bagaimana kronologinya?
tirto.id - Kecelakaan beruntun 10 mobil di jalan Tol Cipularang Kilometer 91, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat pada Kamis (18/5/2017) malam mengakibatkan korban jiwa bertambah menjadi empat orang.

Seorang pengemudi bus, Encuk Supriatna, yang sebelumnya mengalami luka berat dilaporkan meninggal dunia karena tidak tertolong di Rumah Sakit MH Thamrin.

Informasi dari pihak kepolisian setempat, keempat korban meninggal dunia ialah Nurbaeti Simanjuntak (30) warga Jakarta Timur, Pertiwi Handayani (30) warga Jakarta Selatan, Jordan Juan Azir Napiun (16) warga Bekasi serta Encuk Supriatna (36), pengemudi bus.

Kasatlantas Polres Purwakarta AKP Arman Sahti, mengatakan, kecelakaan beruntun itu terjadi di jalan Tol Cipularang kilometer 91.300 arah Bandung menuju Jakarta, tepatnya di Desa Cibodas, Kecamatan Sukatani, Purwakarta. 

Kendaraan yang terlibat kecelakaan beruntun itu di antaranya kendaraan truk trailer nopol B-9769-UIV, minibus Daihatsu Luxio nopol D-1315-AAL, minibus Mazda nopol B-1869-BIO, Isuzu Panter nopol B-1929-WMH, dan kendaraan minibus Freed nopol B-8-FP. 

Kendaraan lainnya ialah microbus ELF City Trans nopol D-7905-AM, minibus Toyota Avanza nopol D-1055-NY, Toyota Yaris nopol B-1480-FUC, Bus Rencana Jaya nopol F-7580-SD, serta kendaraan Daihatsu Sirion nopol B-1875-KZX. 

Adapun kronologi peristiwa kecelakaan itu berawal saat truk trailer nopol B-9769-UIV melaju di kondisi jalan lurus menurun, dari arah Bandung menuju arah Jakarta. Sesampainya di kilometer 91, sopir diduga hilang kendali sehingga mengambil lajur tengah.

Secara tiba-tiba, kendaraan truk itu menabrak kendaraan Luxio nopol D-1315-AAL yang sedang berada di lajur sebelah kanan beserta kendaraan minibus Mazda nopol B-1869-BIO dan kendaraan Isuzu Panther.

Kendaraan itu tidak terhindarkan menabrak mobil lain karena kondisi jalan menurun. Kendaraan Isuzu itu kemudian menabrak kendaraan yang ada didepannya, Honda Freed, lalu kendaraan Honda Freed itu menabrak lagi kendaraan yang berada di jalur sebelah kiri yang sedang berhenti mengantri, yakni Microbus Elf City Trans, kemudian Toyota Avanza, serta Yaris B 1480 FUC, Sirion dan terakhir Bus Kencana Jaya. 

Akibat kejadian itu, satu orang meninggal dunia di lokasi kejadian, tiga orang meninggal di Rumah Sakit MH Thamrin, dua luka berat dan 26 orang lainnya mengalami luka ringan.

Baca juga artikel terkait KECELAKAAN atau tulisan menarik lainnya Maya Saputri
(tirto.id - may/may)

Keyword