Kronologi Jatuhnya Helikopter Air Transport Services di Tasikmalaya

Oleh: Ibnu Azis - 16 Maret 2019
Menurut keterangan pilot, penyebab sementara helikopter jatuh karena mengalami hilang kendali, bukan cuaca buruk.
tirto.id - Helikopter milik PT Air Transport Services jatuh di Desa Sirnaputra, Kecamatan Cigalontong, Kabupaten Tasimalaya, Jawa Barat pada Sabtu (16/3/2019) sekitar pukul 15.30 WIB. Empat orang menjadi korban yang saat ini sedang dirawat di Rumah Sakit SMC Singaparna.

Berdasarkan keterangan tertulis yang diterima Tirto dari Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana (Pusdalops) BPBD Kabupaten Tasikmalaya, helikopter lepas landas dari Lapangan Urug Kota Tasikmalaya sekitar pukul 14.00 WIB menuju daerah Wanaraja Kabupaten Garut.

Menurut keterangan pilot, penyebab sementara helikopter milik PT Air Transport Services tersebut jatuh karena mengalami hilang kendali, bukan cuaca buruk.

Dalam upaya penanggulangannya, Pusdalops BPBD Kabupaten Tasikmalaya telah merujuk empat korban ke RS SMC Singaparna yang selanjutnya akan dirawat di RS TMC Kota Tasikmalaya.

Sementara untuk helikopter yang mengalami kerusakan, akan dilakukan upaya evakuasi dengan bantuan Polres, TNI/Kodim, dan aparat setempat.

Upaya ini akan dikoordinasikan dahulu dengan pihak Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) sekaligus untuk mengkaji ulang penyebab jatuhnya helikopter tipe Bolco PK-EAH itu.

Sebelumnya, beredar video yang menginformasikan bahwa sebuah helikopter jatuh di daerah Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, Sabtu.

Video itu berdurasi 35 detik, seorang pria yang berada di lokasi menginformasikan bahwa di helikopter itu ada empat orang. “Korban ada empat orang dan masih bisa diselamatkan,” ujar pria tersebut.


Baca juga artikel terkait HELIKOPTER JATUH atau tulisan menarik lainnya Ibnu Azis
(tirto.id - Sosial Budaya)

Sumber: Siaran Pers
Penulis: Ibnu Azis
Editor: Agung DH