KRL Hanya Sampai Stasiun Kebayoran, MRT Tak Berhenti di Benhil

Oleh: Selfie Miftahul Jannah - 20 Oktober 2019
Dibaca Normal 1 menit
Operasional KRL dan MRT disesuaikan sehubungan dengan penutupan sejumlah jalan menjelang pelantikan Jokowi & Ma'ruf Amin.
tirto.id - Menjelang pelantikan Joko Widodo dan Ma'ruf Amin sebagai presiden dan wakil presiden pada Minggu (20/10/2019) siang, perjalanan kereta api listrik (KRL) dan MRT mengalami penyesuaian.

PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) memutuskan untuk tidak mengoperasikan Stasiun Tanah Abang dan Stasiun Palmerah untuk sementara waktu sehubungan adanya pelantikan presiden dan pengaturan lalu lintas pada Minggu. Pengoperasian kembali kedua stasiun tersebut akan diumumkan selanjutnya.

Vice President Communication KCI Anne Purba mengatakan adanya pengaturan pola operasi khusus KRL Commuter Line lintas Rangkasbitung/Maja/ Parungpanjang/Serpong-Tanah Abang pulang pergi (PP).

"Operasi untuk KRL hanya berjalan hingga Stasiun Kebayoran dan selanjutnya kembali ke Stasiun tujuan Rangkasbitung/Maja/ Parungpanjang/Serpong sehingga tidak melayani pemberhentian maupun keberangkatan di Stasiun Palmerah dan Tanah Abang," ujar Anne di Jakarta, Minggu, seperti dilansir dari Antara.

Pengaturan pola operasi dibuat dengan mempertimbangkan pengguna KRL akan kesulitan menemukan angkutan lanjutan selepas Stasiun Palmerah. Sebab, kata dia, banyak ruas jalan di sekitar stasiun yang ditutup ataupun dialihkan arus lalu lintasnya demi kelancaran pelantikan presiden.

Sementara perjalanan KRL Commuter Line lintas lainnya, yaitu Bogor/Depok-Jakarta Kota PP, Bogor/Depok/Nambo-Duri/Jatinegara PP (melayani naik turun pengguna di Stasiun Tanah Abang), Cikarang/Bekasi-Jakarta Kota PP, Duri-Tangerang PP dan Jakarta Kota-Tanjung Priok PP seluruhnya berjalan normal seperti biasa.

MRT Tak Berhenti di Stasiun Benhil

Sementara itu, PT MRT Jakarta menutup layanan pintu Stasiun Bendungan Hilir yang berada di depan Gedung Intiland Tower untuk sementara waktu selama ada penutupan jalan untuk pelantikan presiden dan wakil presiden pada Minggu siang.

"PT MRT Jakarta menyampaikan bahwa akan diberlakukan penutupan sementara salah satu pintu masuk stasiun MRT Bendungan Hilir yang berada di depan Intiland Tower," kata Kepala Sekretaris Korporat MRT Jakarta Muhammad Kamaludin, seperti dilansir dari Antara.

Penutupan layanan stasiun MRT Benhil itu dilakukan dengan pertimbangan keamanan sarana dan prasarana MRT Jakarta serta untuk menjaga kenyamanan penumpang.

Penutupan pintu Stasiun Benhil di depan Intiland tower diberlakukan hingga pemberitahuan selanjutnya dari PT MRT Jakarta.

Meski demikian, jalur masuk menuju stasiun MRT Bendungan Hilir lainnya yaitu stasiun di depan Gedung Sampoerna Strategic dan sisi Bendung Hilir tetap dibuka.

PT MRT Jakarta menghimbau penumpang untuk mengecek media sosial resmi MRT Jakarta terkait penutupan/pembukaan akses layanan MRT selanjutnya.

Pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih periode 2019- 2024 berlangsung di di Gedung DPR/MPR RI, Minggu siang. Polisi menutup beberapa ruas jalan dan melakukan rekayasa lalu lintas sejak Sabtu (19/10) kemarin.


Baca juga artikel terkait PELANTIKAN PRESIDEN atau tulisan menarik lainnya Selfie Miftahul Jannah
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Selfie Miftahul Jannah
Penulis: Selfie Miftahul Jannah
Editor: Nurul Qomariyah Pramisti
DarkLight