Advertorial

Kreasi Sarapan Lezat dengan Susu Kental Manis

Oleh: Advertorial - 1 Februari 2021
Dibaca Normal 3 menit
Salah satu manfaat susu kental manis adalah sebagai penambah citarasa untuk berbagai kreasi sarapan. Simak artikel berikut untuk melihat inspirasi baru.
tirto.id - Siapa yang tak suka dengan susu kental manis? Creamy, lembut, dan rasanya yang lumer di mulut membuat siapa saja menyukai produk susu dengan tekstur kental dan manis ini. Bahkan bisa dipastikan hampir setiap rumah memiliki stok kental manis dengan kemasan kaleng, pouch, atau sachet. Sering kali dimanfaatkan sebagai toping atau campuran sajian pencuci mulut, susu kental manis juga bisa kamu nikmati untuk membuat berbagai kreasi sarapan pagi yang enak lho.

Apa Saja Komposisi Susu Kental Manis?

Sebelum membahas lebih jauh tentang susu kental manis untuk berbagai kreasi menu sarapan, yuk berkenalan lebih dulu dengan komposisi susu kental manis serta apa saja yang terdapat dalam kandungan susu kental manis itu sendiri!

Sesuai dengan Codex dan BPOM regulasi No. 21/2016, susu kental manis adalah produk susu berbentuk cairan kental yang diperoleh dengan menghilangkan sebagian air dari campuran susu dan gula atau susu rekonstitusi dan gula, atau dengan proses lain sehingga mencapai tingkat kepekatan tertentu, dengan atau tanpa penambahan bahan lain.

Gula yang ditambahkan harus dapat mencegah kerusakan produk. Selain itu, di dalam kandungan susu kental manis juga terdapat beberapa vitamin dan mineral. Tentunya dari kandungan tersebut turut menambahkan daftar manfaat susu kental manis sebagai bahan makanan yang sering dikonsumsi oleh masyarakat. Komposisi susu kental manis yang ada di dalam 1 sachet Susu Kental Manis Frisian Flag Gold sendiri memiliki 130 kalori yang cukup untuk menambah energi pagi harimu, lho.

Kreasi sarapan dengan Susu Kental Manis

Setelah mengetahui komposisi susu kental manis dan mengenal daftar kandungan susu kental manis, sekarang saatnya membahas manfaat susu kental manis selanjutnya, yakni sebagai penambah citarasa kreasi sarapan. Biasanya, saat sarapan kental manis sering digunakan hanya sebagai toping roti tawar, bahkan cara sederhana ini pun sudah cukup menggugah selera dan meningkatkan rasa roti tawar.

Namun kali ini, kami akan memberikan beberapa inspirasi tentang manfaat kental manis lainnya untuk membuat sarapan jadi lebih enak. Semoga setelah mengetahui manfaat susu kental manis untuk kreasi sarapan berikut, kamu jadi makin semangat untuk membuat sarapan pagi yang nikmat, ya. Tak perlu berlama-lama lagi, ayo simak berbagai kreasi sarapan yang menggunakan kental manis berikut ini!

Infografik Advertorial Frisian Flag
Infografik Advertorial Frisian Flag. tirto.id/Mojo


1. Kopi Susu Vietnam

Menikmati secangkir kopi saat sarapan memang bisa jadi tendangan sempurna untuk memulai hari. Kopi susu Vietnam menyajikan perpaduan kontras yang sempurna antara pahitnya kopi dengan legitnya Susu Kental Manis Frisian Flag Gold. Manfaat susu kental manis di sini untuk membantu melembutkan rasa kopi yang kuat saat kamu butuh ekstra kafein di pagi hari agar tidak terlalu pahit.

Cara membuat: Seduh 3 sdm kopi dengan 235 ml air panas. Bila memiliki Vietnam dripper akan lebih baik lagi untuk menghasilkan rasa yang lebih otentik. Namun bila tidak punya, tunggu ampas kopi turun usai diseduh kemudian, dengan menggunakan saringan, tuang kopi ke gelas yang berisi 2-3 sdm Susu Kental Manis Frisian Flag Gold. Aduk hingga tercampur rata.

2. French Toast Isi Kacang Susu

Bayangkan, roti panggang a la Prancis yang berbalut telur, dihidangkan hangat bersama isian yang terdiri atas komposisi susu kental manis dan selai kacang. Manfaat susu kental manis pada sajian ini untuk menyeimbangkan rasa selai kacang yang cenderung berat agar lebih manis dan ringan di lidah. Tekstur roti yang lembut dengan sedikit aroma panggangan berpadu dengan gurihnya selai kacang terasa lumer di mulut sejak gigitan pertama. Ini akan jadi sarapan sempurna untuk mengawali manisnya akhir pekan setelah seminggu penuh kesibukan.

Cara membuat: Kocok lepas 1 butir telur dan 3 sdm susu cair, sisihkan. Oles roti tawar dengan selai kacang favoritmu lalu tuangkan Susu Kental Manis Frisian Flag Gold dan tutup dengan selembar roti lagi. Celupkan roti yang telah diberi isian ke dalam adonan telur, panggang di atas wajan dengan margarin hingga kedua sisi roti berwarna cokelat keemasan.

3. Selai Dulce de Leche

Selain menjadi toping atau campuran makanan, kreasi Susu Kental Manis Frisian Flag Gold lainnya ternyata bisa juga diolah menjadi selai susu karamel yang legit dan nikmat dan bisa kamu buat sendiri di rumah. Ya, hanya dengan menggunakan Susu Kental Manis Frisian Flag Gold. Meski terbuat dari kandungan susu kental manis, rasa selai dulce de leche ini lebih dalam dan wangi karena telah mengalami proses pemanasan atau karamelisasi. Selai dulce de leche bisa kamu nikmati sebagai olesan roti, cocolan pisang dan buah-buahan, bahkan untuk campuran smoothies agar lebih manis.

Cara membuat: Siapkan Susu Kental Manis Frisian Flag Gold. Lepas label kertas yang menempel dan cuci hingga bersih. Masukan Susu Kental Manis Frisian Flag Gold ke dalam panci yang sudah berisi air, kemasan jangan dibuka. Pastikan panci cukup besar dan air menutupi seluruh permukaan kemasan. Rebus Susu Kental Manis Frisian Flag Gold yang masih di dalam kemasan dengan api kecil selama 4 jam. Setelah 4 jam, keluarkan kental manis dan dinginkan sebelum membuka kemasan.

4. Pie Susu Teflon

Kali ini, Susu Kental Manis Frisian Flag Gold digunakan sebagai campuran kreasi sarapan yang nikmat yakni pie susu teflon! Tekstur kulit pie yang renyah berpadu kontras dengan lembutnya vla dengan kandungan susu kental manis. Tanpa oven, tanpa repot, pie susu teflon bisa jadi opsi sarapan yang dijamin bakal disukai oleh seluruh keluarga.

Cara membuat: Untuk bahan kulit campurkan 10 sdm tepung terigu, 4 sdm mentega, 1 butir kuning telur, dan 2 sdm Susu Kental Manis Frisian Flag Gold. Uleni sampai kalis. Setelah itu tata adonan kulit di atas teflon dan pinggirnya hingga rata.

Di wadah terpisah campurkan bahan vla yang terdiri dari 10 sdm air, 2 sachet kecil Susu Kental Manis Frisian Flag Gold, 1 sdm tepung maizena, dan 1 sdt vanili. Aduk seluruh bahan hingga tidak ada yang menggumpal, lalu tuang ke atas teflon yang sudah ditata adonan kulit.

Tutup teflon, masak dengan api paling kecil hingga matang.

5. Puding Roti Tawar

Punya sisa roti tawar tapi hari ini batas terakhir kadaluarsa? Bikin puding roti aja yuk biar bisa disimpan dan dinikmati untuk sarapan besok pagi. Bikinnya praktis, bahannya pun sudah pasti ada di rumah. Tak perlu tambahan gula, Susu Kental Manis Frisian Flag Gold di sini bisa kamu pakai sebagai campuran pemanis sekaligus yang pas.

Cara membuat: Sobek-sobek 4 lembar roti tawar dan tata di atas wadah tahan panas, sisihkan. Campurkan, 4 sdm Susu Kental Manis Frisian Flag Gold, 1 sdm mentega cair, 1 butir telur, dan 150 ml susu cair, lalu tuangkan ke atas roti yang sudah ditata.

Taburkan toping seperti parutan keju, choco chips, atau kismis jika ingin. Panggang di oven dengan suhu 180 derajat selama 20 menit. Beri Susu Kental Manis Frisian Flag Gold di atasnya sebelum disajikan.

Dari ulasan di atas dapat dilihat bahwa manfaat dari kental manis tak hanya sebatas sebagai toping atau tambahan bahan untuk menambah lezat kreasi sarapan pagi hari. Kental manis bisa dipakai mulai dari campuran bahkan hingga menjadi bintang utama dari kreasi sarapan itu sendiri. Kamu pun tentu punya cara sendiri untuk memaksimalkan susu kental manis dalam penggunaan sehari-hari.

Kira-kira, apa kreasi sarapan dengan kental manis yang paling ingin kamu coba? Semoga tulisan ini dapat menjadi sumber inspirasi kamu untuk membuat kreasi sarapan dengan menggunakan susu kental manis, ya!
DarkLight